Mensejajari Zaman Dengan Teknologi Informasi

Sejarah Universitas Jember
UNEJ berasal dari universitas swasta bernama Universitas Tawang Alun yang berdiri sejak tanggal 4 November 1957. Pada mulanya Universitas Tawang Alun memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Hukum. Pada tahun 1960 didirikan Fakultas Administrasi Negara dan Perusahaan, yang setahun kemudian menjadi Fakultas Sosial dan Politik. Pada tahun yang sama atas permintaan masyarakat, Universitas Tawang Alun menambah fakultas-fakultas baru, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Kedokteran. Kemudian pada tanggal 4 November 1964 Universitas ini berdiri sendiri dengan status negeri menjadi Universitas Negeri Djember, dengan singkatan UNED. Selanjutnya ditetapkan nama Universitas Jember ( UNEJ ) tanggal 7 September 1982.

UNEJ sendiri merupakan Universitas yang berada di Jember, sebuah kota yang berwahana tropis dibagian tenggara provinsi Jawa Timur. Kampus UNEJ berada di kawasan hijau yang ramah lingkungan sehingga memberikan ketenangan dalam melaksanakan kegiatan akademik. Universitas Jember sampai dengan 2008-2009 mempunyai13 fakultas. Yang terdiri dari 11 jurusan jenjang diploma, 39 jurusan jenjang S1, dan 6 jurusan jenjang S2. Masing-masing memiliki identitas berupa visi, misi, tujuan da kompetensi lulusan sesuai kebutuhan stakeholders.

Program Studi Baru di Universitas Jember
Pada tahun ini Universitas Jember menambah progam studi baru yaitu progaram studi Sistem Informasi. Bidang studi Sistem Informasi ini diresmikan pada tanggal 17 juni 2009, dengan ketua program studi yaitu Drs. Slamin. M.Comp.Sc.Phd. kemudian berturut-turut Drs. Antonius Cahyo Prihandoyo M.App.Sc sebagai sekertaris 1, Poegoeh Joediawan ST.MT.sebagai sekertaris 2, dan Anang Andrianto ST.MT yang menjabat sebagai sekertaris 3.

Menurut penuturan Drs. Slamin M.Comp.Sc.Phd pendirian program studi baru ini didasari oleh kebutuhan perkembangan Ilmu Pengetahuan di bidang Teknologi Informasi serta kebutuhan pasar terhadap lulusan yang mempunyai kompetensi terhadap Teknologi Informasi. Di era sekarang ini Sistem Informasi memiliki prospek yang sangat bagus, apalagi pasarannya tidak hanya pada satu bidang.

Tenaga Pengajarnya, Gedung serta Biayanya
Jalur yang digunakan untuk seleksi mahasiswa program studi Sistem Informsi ini adalah ujian lokal, dengan daya tampung 120 orang. Ada 7 dosen UNEJ yang mengajar di program studi tersebut, 4 diantaranya telah menyandang gelar S3, dan sisanya menyandang gelar S1. Cukup menakjubkan untuk suatu program studi yang baru didirikan.

Bidang studi Sistem Informasi ini menggunakan gedung bekas pascasarjana yang lokasinya menjadi satu dengan perpustakaan Universitas Jember. Sarana dan prasarana di sana juga sudah cukup memadai.
“Ada dua kelas yang kami siapkan untuk sekarang ini,” tambah pak Slamin dari belakang meja kerjanya sambil mengutak-atik laptopnya, ketika ditanya tentang tempat perkuliahan program studi ini.

Untuk biayanya memang lumayan mahal, yaitu 15 juta rupiah untuk SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi ) dan 7 juta rupiah untuk SPA( Sumbangan Pengembangan Akademik ).
“Biayanya mungkin memang lumayan mahal, ini dikarenakan program studi ini baru di bangun,” tambahnya.

Promosi yang dilakukan juga lumayan meluas. Misalnya promosi lewat WEB, brosur serta radio.
“Kami juga menggunakan facebook, blog, dan WEB UNEJ sebagai media bantu promosi kami, ini untuk menambah efektifitas promosi kami” imbuh pak Slamin sambil membuka isi laptopnya dan memperlihatkan susunan surat keputusan pendirian program studi Sistem Informasi ini.

Saat ini yang ditunggu adalah bagaimana animo masyarakat terhadap program studi baru ini. Karena animo masyarakat sangat penting untuk membuktikan, apakah bidang studi baru ini dikatakan berhasil atau tidak. Namun sayangnya untuk saat ini hal itu belum bisa di pastikan.
“ Kami belum bisa mendeteksi bagaimana animo mansyarakat, namun pastinya Sistem Informasi berada di urutan no 2 setelah Fakultas Kedokteran “ terang pak Slamin dengan bangganya.

Semoga saja dengan adanya program studi Sistem Informasi ini bisa lebih mengangkat citra kampus Universitas Jember. Serta dapat mencetak mahasiswa-mahasiswa unggulan yang dapat bersaing di era perkembangan TI. Sebagaimana yang diharapkan semua piahak di kampus kita Universitas Jember.Selamat dan Sukses atas Didirikannya Program Studi Sistem Informasi.[Fainani]

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.