Langsung ke konten utama

Rintangan Berfikir secara Jernih (Idols of the Minds)

Setiap manusia pasti mengalami proses yang dinamakan berfikir, sebelum melakukan segala hal dan aktivitas, tentu melalui proses berfikir terlebih dahulu. Berfikir adalah saran, cara untuk menyelesaikan, mengatasi masalah, ilmiah, hal-hal besar maupun hal-hal kecil. Dalam proses berfikir seringkali kita dihadapakan pada suatu rintangan sehingga sasaran dan capaian yang mau dituju agak tersendat bahkan bisa sampai menyesatkan kita.

Sebagai contoh ketika orang kaya mau pergi ke toko naik sepeda ontel yang jelek, jaraknya apabila lurus dari rumahnya hanya sekitar 12 rumah, akan tetapi dia merasa jika dia melewati jalanan itu dia akan di cap macam-macam oleh tetangga sekitarnya, maka dia lebih memilih berputar dengan jarak yang lebih jauh dan jalanan yang sulit serta waktu yang dibutuhkan lebih lama.
Francis Bacon (1564-1626) memberi contoh klasik tentang kesalahan berfikir yang disebutnya Idos of the minds yaitu :
1. Idola Kesukuan (idols of the tribe)
Manusia dilahirkan di suatu golongan, ras, suku, dan lingkungan tertentu dan mereka merasa terikat disana. Manusia cenderung suka bekerjasama dengan orang-orang yang mempunyai selera dan cara pandang yang sama dengan dirinya. Hal ini membuat manusia cenderung suka dengan hal yang berbau dirinya sendiri. Misal ketika kita dilahirkan sebagai pendukung fanatik Persib Bandung, apabila kita berpindah golongan karena sesuatu hal menjadi pendukung Persija Jakarta maka kita akan di cap pengkhianat.

2. Idola Goa (idols of the cave)
Manusia ibarat sebuah gua (cave) yang memberikan identitas pada dirinya. Kita cenderung berfikir dan merefleksikannya pada diri kita sendiri, sehingga informasi yang paling benar adalah diri kita sendiri dan kita cenderung melebih-lebihkannya ketika kita membaca suatu buku atau suatu pengetahuan yang sama dengan kita.

3. Idola Pasar (idols of the market-place)
Bahasa dan pemakaian kata- kata yang sering kita gunakan sehari-hari kadang juga dapat menyesatkan kita. Dualisme arti dari kata atau pun bahasa yang sering kita tulis atau kita pakai sehari-hari kadang bisa jadi sebuah persepsi negative di fikiran orang lain. Misal kata-kata macam gerakan kiri, gerakan komunis, gerakan Islam, gerakan radikal dll mengundang banyak persepsi dan argument, kadang-kadang emosi juga ikut terpancing, dan hal ini yang membuat sesat proses berfikir kita.

4. Idola Teater (idols of the theater)
Pengaruh dan faktor keterikatan manusia pada partai, dogma, filsafat, agama, ideologi, isme-isme tertentu yang membuat kita menciptakan dunia kita sendiri. Sah saja ketika sistem yang kita terima begitu banyak dan banyak pula penganutnya ketika kita coba keluar dari sistem tersebut maka kita akan di cap sesat, padahal belum tentu juga kita sesat, bisa jadi ketika berada dalam sistem itu kita menjadi sesat.

Selain keempat hal diatas ada juga rintangan berfikir jelas macam prasangka, propaganda dan authority.
Prasangka yang selalu mengaburkan kita membuat kita tak dapat berfikir jernih, wajar saja kita sering sekali susah menerima pendapat orang lain. Prasangka ibarat sebuah perisai tak terlihat dalam tubuh kita, ketika bukti, data dan informasi yang disodorkan kita yang begitu akurat, sering kali kita masih menampikkannya. Prasangka salah satu rintangan yang paling dominan yang membuat kita susah berfikir jernih.

Ketika kita berfikir jelas dan informasi kita kuat dapat langsung diputarbalikkan menjadi sesat oleh propaganda macam tv, media massa, radio, sugesti-sugesti yang diberikan membuat kita mengikuti alur-alur itu dan terkesan kita sudah di set oleh propaganda itu. Jalur yang awalnya kita sudah tahu tiba-tiba berubah total akibat adanya jalur-jalur baru yang disugestikan lewat propaganda itu.

Hampir sama dengan propaganda, authority dapat berupa kebiasaan, tradisi, media massa, keluarga, agama. Misal ketika dalam prosesi makan bersama seluruh keluarga kita makan dengan menggunakan tangan kiri, langsung pada saat itu semua keluarga akan mencibir. Penerimaan yang tidak kritis terhadap authority akan berdampak pada usaha untuk menentukan mana yang benar dan yang salah dan sering kali kita tidak bebas untuk melakukan itu.

Jalan yang paling mudah untuk mendapatkan proses berfikir secara jernih adalah dengan dialog/diskusi. Proses dialektika sangat sekali diperlukan sehingga sasaran dan tujuan yang akan dicapai dapat terwujud. Jadi tanggalkan atribut pendukungmu, hilangkan benteng, perisai dalam tubuhmu, buka seluas-luasnya ruang fikiranmu, jauhkan prasangka, propaganda, hindari ejakulasi dini, hindari jawaban instan, selanjutnya buka keran-keran dialog sebanyak-banyaknya agar sasaran yang mau dituju dapat terwujud. Semoga.[Rizki A.S]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

Manajemen Redaksi

Salam Persma..... Perlu diketahui bahwa....berjalannya suatu lembaga pers ternyata tak hanya menga cu pada proses redaksi , yang dim ulai dari proses hunting sampai printing saja. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pers juga mem erlukan pe n gaturan manajemen secara umum. Manajemen redaksi pers mahasiswa sendiri adalah : keseluruhan dari proses pengaturan sumber daya dalam melakukan kinerja penerbitan (menyangkut  bidang tulis-menulis) ataupun pola pengaturan  dari kinerja redaksi  yang terdapat dalam lingkup aktivitas pers mahasiswa. Lembaga pers biasanya di pimpin oleh pimpinan umum ( General Manager ). Dibawahnya terdapat pemimpin redaksi (manajer  redaksi ) dan pemimpin usaha atau koordinator dana usaha ( marketing manajer ).  Kedua bidang ini, memiliki job descriptions yang berbeda dan terpisah. Tapi keduanya saling mempengaruhi  dan saling mengisi. Redaksi dapat dianggap sebagai ”jantung” dari lembaga pers manapun, s edangkan dana usaha atau marketing ,   seba

Fakultas MIPA selalu sediakan buka Puasa gratis dalam setiap tahunnya

Oleh : Vina Soraya               Marhaban ya Ramadhan, Umat muslim di seluruh dunia tentunya telah menanti datangnya bulan suci ini. Bulan Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Tentunya seluruh orang muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan suci ini. Banyak kegiatan yang bernilai pahala pada saat bulan ini. Salah satu bentuk berbuat kebaikan dalam bulan puasa ini yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Memberi makan orang yang berpuasa maka mendapat ganjaran pahala yang setara dengan orang yang sedang berpuasa.             Agenda buka puasa gratis tentunya selalu menjadi agenda tahunan pada setiap masjid – masjid pada saat bulan Ramadhan tak terkecuali Masjid Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Agenda buka puasa gratis ini telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada Ramadhan tahun ini buka puasa gratis dilaksanakan sejak tanggal 8-17