Langsung ke konten utama

Haruskah Bocah itu Bermain di Jalanan

Begitu gontai kaki kecil itu melangkah, tangan kecil yang kurus mengayun di samping perut yang keroncongan. Megahnya lampu-lampu kota memaksa baju lusuh itu tersorot oleh mata. Hiruk-pikuk acuh di atas gedung-gedung mewah itu membuat pemandangan kota semakin kontras. Tak ada lagi yang samar di sana, memaksa mata kita untuk menyaksikan jurang kesenjangan siosial yang semakin menganga lebar. Entah akan sampai kapan jurang itu akan terus membesar, sampai mata kita tak mampu melihat ke seberang mungkin.
Ironis memang, bila kita berusaha untuk sedikit menengok realita di sekitar kita. Dunia yang begitu akrab dengan kita, sesak akan harumnya parfum-parfum mewah nan mahal, berkilau dengan berlian, namun terselimuti oleh berbagai penderitaan saudara-saudara di luar sana. Kita yang selalu dimanjakan oleh dinginnya AC mungkin tak pernah merasakan panasnya jalanan di kota ini. Buaian bangku kuliah yang megah dan kisah cinta yang melankolis, memaksa kita untuk terus terlelap tanpa pernah mencoba membuka mata hati untuk sedikit tergugah melihat anak-anak itu “bergentayangan” di jalanan yang keras.
Pengemis-pengemis kecil dan anak-anak jalanan pasti sudah begitu akrab dengan mata kita. Bertampang lusuh dan membuat iba menjadi modal penting untuk turut menghiasi jalanan kota ini. Tak usah jauh-jauh, di lingkungan kampus yang menurut sebagian orang tampak sebagai lingkungan mewah, juga diselingi oleh hilir mudik mereka. Bahrul, begitu sapaan akrabnya, bocah laki-laki yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar ini juga harus merasakan pahitnya jalanan. Bukan sebagai pengemis memang, namun tetap saja dia harus menjajakan rasa iba di jalanan ini.
“Yeh tak asakola, mon la entar nare’ amal mas. Mon engko’ asakola yeh tak olle pessse. Se penteng olle pesse kade’, nah mon la tade’ amal buruh asakola ( Ya gak sekolah kalo sudah narik amal mas. Kalo saya sekolah ya gak dapat uang. Yang penting dapat uang dulu, nah kalo uda gak ada amal, baru sekolah)”, ujar bocah kurus itu.
Dia yang harusnya hanya berfikir untuk bersekolah dan bermain, harus menjadi penarik amal keliling di jalanan Jember karena tuntutan hidup yang berat. Meski penghasilan yang diraupnya terhitung begitu kecil, sekitar Rp.15.000,- per hari, namun uang sejumlah itu sudah cukup membantu untuk memenuhi keinginan-keinginan kecilnya. Hanya saja, ada hal yang terlupakan di sana. Mereka yang seharusnya masih asyik bersenda gurau dengan teman sebayanya, masih asyik mengenyam bangku pendidikan, dan masih asyik terbuai kasih sayang, ternyata harus melepaskan semua itu dan menukarnya dengan uang yang tak seberapa.
Hal seperti ini sebenarnya tidak lahir semata-mata hanya dari pola pikir anak sekecil Bahrul, tentunya hal ini tak luput dari peran serta orang-orang terdekat mereka.Yang lebih parah lagi adalah budaya mengemis dan meminta-minta, seakan sengaja dibudayakan untuk kemudian dieksploitasi. Bila anak-anak kecil itu turun ke jalan hanya untuk sekedar mengisi perut, tentu saja kondisi ini tak akan berlangsung berlarut-larut dan menahun. Namun, berbeda dengan kenyataan yang sering kita lihat saat ini. Sering kali kita begitu akrab berjumpa dengan wajah anak-anak itu, begitu lama pula wajah-wajah itu terus menghiasi jalanan kita. Hal ini jelas mengindikasikan bahwa mereka terkoordinasi secara rapi serta berlangsung kontinyu. Perasaan iba secara massal, kondisi sosiologis masyarakat Indonesia, dimanfaatkan oleh orang-orang yang memang memiliki kultur eksploitatif anak untuk menggunakannya.
Kita sering tak sadar bila ternyata perasaan iba kita selama ini ternyata turut mendukung membengkaknya angka anak jalanan lainnya. Tak salah memang, sebagai makhluk sosial yang normal pastinya kita akan merasa iba melihat ketimpangan itu. Namun, alangkah baiknya bila rasa kepedulian itu kita implementasikan dalam bentuk lainnya. Bukan dengan memberikan sedekah bagi mereka, karena tentunya bantuan itu hanya akan mereka rasakan dalam sekejap.
Kebiasaan memberi uang kepada pengemis anak juga merupakan investasi kebodohan dan kemalasan, yang bila telah terpupuk maka akan mengakar dalam pola pikir mereka selanjutnya untuk mendapatkan uang secara mudah dan malas berusaha. Selain itu, mungkin masih layak bila uang itu mereka gunakan untuk kepentingan hidup, namun terkadang uang itu digunakan untuk berfoya-foya karena mereka merasa sangat mudah untuk mendapatkan uang, suatu perilaku yang tak selayaknya dibudayakan. Bukan hanya itu saja, tak jarang uang yang mereka dapatkan harus direlakan untuk para preman, pengekploitasi anak, dan para pelaku kriminalisasi anak lainnya.
Bila kita memang ingin menyalurkan kepedulian, langkah yang dapat ditempuh adalah penanganan jangka panjang yang akan mengubah pola pikir mereka. Sebab, bila diberdayakan dengan baik, pastinya anak-anak itu dapat berkontribusi banyak bagi Negara ini. Salah satu bentuk pemberdayaan itu semisal dengan memberikan beasiswa dan akses pendidikan yang dikombinasikan dengan rumah singgah. Akses pendidikan itu tidak harus formal, tetapi bisa melalui homeschool. Untuk para pengemis bukan anak-anak, selain dikombinasikan dengan rumah singgah juga bisa diberikan pelatihan keterampilan yang bisa digunakan untuk bekal hidup mandiri di dalam masyarakat, sehingga tidak lagi mengandalkan orang lain dengan cara mengemis
Tentunya peran serta pemerintah juga sangat diharapkan untuk merealisasikan kepedulian tersebut. Bila kita berkaca dari Undang-undang Dasar 1945 pasal 34 ayat 1 : Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara. Peraturan ini benar adanya, mengingat pengemis adalah putera-puteri Indonesia yang dilahirkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hanya saja mereka (pengemis) tidak beruntung dilahirkan ke dunia ini. Pemerintah wajib memelihara dan melindungi mereka sebagai manusia yang berhak hidup dan berkehidupan yang layak sebagai warga negara di negerinya sendiri. Namun, peraturan yang sempurna sekalipun hanya akan terpajang berdebu tanpa tindakan nyata dan kesadaran dari berbagai elemen bangsa ini. Mari kita tangani kondisi yang memprihatinkan ini secara manusiawi. [Hendra Setiawan]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

Fakultas MIPA selalu sediakan buka Puasa gratis dalam setiap tahunnya

Oleh : Vina Soraya               Marhaban ya Ramadhan, Umat muslim di seluruh dunia tentunya telah menanti datangnya bulan suci ini. Bulan Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Tentunya seluruh orang muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan suci ini. Banyak kegiatan yang bernilai pahala pada saat bulan ini. Salah satu bentuk berbuat kebaikan dalam bulan puasa ini yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Memberi makan orang yang berpuasa maka mendapat ganjaran pahala yang setara dengan orang yang sedang berpuasa.             Agenda buka puasa gratis tentunya selalu menjadi agenda tahunan pada setiap masjid – masjid pada saat bulan Ramadhan tak terkecuali Masjid Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Agenda buka puasa gratis ini telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada Ramadhan tahun ini buka puasa gratis dilaksanakan sejak tanggal 8-17

Manajemen Redaksi

Salam Persma..... Perlu diketahui bahwa....berjalannya suatu lembaga pers ternyata tak hanya menga cu pada proses redaksi , yang dim ulai dari proses hunting sampai printing saja. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pers juga mem erlukan pe n gaturan manajemen secara umum. Manajemen redaksi pers mahasiswa sendiri adalah : keseluruhan dari proses pengaturan sumber daya dalam melakukan kinerja penerbitan (menyangkut  bidang tulis-menulis) ataupun pola pengaturan  dari kinerja redaksi  yang terdapat dalam lingkup aktivitas pers mahasiswa. Lembaga pers biasanya di pimpin oleh pimpinan umum ( General Manager ). Dibawahnya terdapat pemimpin redaksi (manajer  redaksi ) dan pemimpin usaha atau koordinator dana usaha ( marketing manajer ).  Kedua bidang ini, memiliki job descriptions yang berbeda dan terpisah. Tapi keduanya saling mempengaruhi  dan saling mengisi. Redaksi dapat dianggap sebagai ”jantung” dari lembaga pers manapun, s edangkan dana usaha atau marketing ,   seba