Ruang Terbuka Hijau


Ruang terbuka hijau, selayaknya menjadi kebutuhan primer bagi warga,khususnya mereka yang tinggal di kota. Polusi yang sudah mencemari tempat tinggal, akan teratasi oleh hadirnya ruang terbuka hijau ini. Keberadaannya yang telah diatur sedemikian rupa, mestinya memberi pengaruh banyak bagi kualitas lingkungan di sekitarnya. Tereduksinya polusi air, udara, dan tanah akan menjadi sedikit dari manfaat yang didapat dengan adanya ruang terbuka hijau. Kualitas hidup yang semakin menurun karena berbagai masalah kesehatan bahkan bersumber dari permasalahan kurangnya ruang hijau untuk mengurangi bahaya pencemaran.
Taman kota, menjadi salah satu bentuk ruang terbuka hijau yang sangat dibutuhkan fungsinya. Selain sebagai area hijau, taman kota ,menjadi tempat rekreasi paling mudah dijangkau. Selain menyegarkan lingkungan dengan mengurangi polusi, keberadaan taman kota menjadi penting, karena juga berperan sebagai daerah resapan air hujan, khususnya di kota besar, yang semakin berkurangnya area resapan air hujan.
Jember, dengan kondisi lingkungan yang cukup terjaga, masih memiliki ruang hijau sebagai aset berharga di masa depan. Makin banyaknya pengguna kendaraan bermotor, bertambahnya jumlah penduduk, serta berkurangnya kepedulian masyarakat akan lingkungan, menjadi tantangan untuk mempertahankan keberadaan ruang hijau. Taman-taman kota sebagai ruang hijau, yang jumlahnya semakin berkurang, patut diimbangi dengan penambahan area atau lahan untuk menanam pohon,sebagai subtituen dari hilangnya taman kota. Memanfaatkan seefektif mungkin lahan untuk menanam pohon ataupun menambah jumlah resapan air tanah, adalah jalan keluar terbaik untuk mengurangi permasalahan hilangnya ruang terbuka hijau di kota. Ide sederhana ini yang mulai terlihat di beberapa bangunan besar di kota Jember. Seperti pemanfaatan atap gedung untuk lahan bercocok tanam di gedung Bank Indonesia, hingga menyulap taman kecil di pekarangan menjadi green area yang efektif mengurangi polusi.
Bahkan ,pemkab sempat memberikan kesempatan bagi warga Jember untuk berkreasi menciptakan ide rancangan taman kota yang sederhana. Tema besar yang diusung, menuju Jember yang bersih dan hijau, menjadi tujuan pemerintah dalam kompetisi ini. Langkah kecil yang membawa dampak besar. Mungkin itu,harapan dari seluruh masyarakat, agar tercipta perubahan-perubahan kecil yang efektif dan signifikan, dan akan membawa dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya. Tidak ada yang sia-sia jika kita mau berubah menjadi lebih baik. Usaha sekecil apapun, dari lingkup sempit disekitar kita, dan dimulai dari sekarang, adalah perubahan besar yang akan sangat berarti, daripada sekadar mimpi dan wacana.[] 

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.