Langsung ke konten utama

MEMORIAL PEMIRA BEM FMIPA UNEJ 2012

Pemilihan umum presiden BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember pada bulan maret 2012 lalu telah usai. Tepatnya Senin, 05 Maret 2012, pemungutan suara dilaksanakan guna memilih ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) periode. Mungkin masih lumayan segar dalam ingatan kita tentang betapa “rayanya’’ pemilu presiden BEM di fakultas MIPA  tercinta ini.
Pemira BEM tahun ini agaknya sedikit berbeda dengan sebelumnya. Ada 2 pasang calon Presiden BEM untuk tahun ini sedangkan tahun sebelumnya hanya ada satu pasang calon Presiden BEM. 2 pasang calon ini adalah Ika Agus-Rudi (Biologi-Matematika) dengan Eko-Elna (Matematika). Bertambahnya calon ini membuat pemira semakin ramai dan lebih “raya” dibanding tahun sebelumnya.
Keramaian pemira ini mulai nampak sebelum diadakannya pemungutan suara. Karena sebelum pemungutan suara ada serangkaian acara pemira itu sendiri. Pertama, pendaftaran calon pada minggu terakhir bulan Februari hingga awal Maret 2012 yang menghasilkan 2 pasang calon. Selanjutnya 01 Maret 2012 diadakan debat kandidat presiden BEM di depan Kantor Dekanat FMIPA Unej. Saat debat ini masing-masing kandidat menunjukkan visi dan misi mereka kepada yang hadir debat kala itu. “Sebenarnya perwakilan dari UKM juga turut diundang namun hanya sedikit yang hadir pada debat kandidat”, ujar Abdulloh Karim selaku ketupat pemira ini.
Selain debat kandidat, selebaran pamflet dari kedua pasang calon ketua BEM juga dipasang oleh panitia untuk mengenalkan calon kepada seluruh warga MIPA. Selebaran ini disebar di mading-mading setiap jurusan. Selebaran tersebut berisi foto, nama lengkap, NIM dan visi-misi kedua pasang kandidat.
Serangkaian pemira selanjutnya yaitu pemungutan suara. Pemungutan suara dilaksanakan dengan sederhana yang bertempat di sebagian parkiran sepeda FMIPA. Pemungutan suara ini diadakan mulai pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore dan diperuntukkan untuk semua mahasiswa dari angkatan 2007 hingga 2011 FMIPA Unej. Pemungutan suara berjalan lancar dengan sedikit kendala yang bisa diatasi oleh panitia. Kendala tersebut yakni tidak ada tata cara pencontrengan yang jelas pada kartu suara yang membuat bingung pemilih.
Tak lama setelah pemungutan suara diakhiri, penghitungan suara mulai dilakukan. Mekanisme penghitungan suara tidak berbeda dengan lainnya dan dihadiri oleh kedua kandidat serta saksi-saksi. Sekitar 2 jam kemudian diperoleh hasil pemilu yakni ada 416 suara dengan 23 suara yang tidak sah. Dari sekitar 800 mahasiswa FMIPA hanya sekitar 400 yang memberikan hak pilihnya. Sedikit miris melihat kenyataan ini. Dengan hal yang seperti ini, perlu dipertanyakan kepedulian separuh mahasiswa atas apa yang ada di lingkungannya.
Pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 06 Maret 2012 dengan cara memasang pamflet di setiap jurusan. Pasangan Ika Agus-Rudi memenangkan pemira dengan 240 suara mengalahkan pasangan Eko-Elna yang memperoleh 173 suara. Ketika ditemui di sekret BEM, Ika Agus yang lebih akrab disapa ajus sedang bersih-bersih ruangan yang akan ditempatinya satu periode ke depan. “Perasaannya senang dan campur aduk namun lebih banyak galaunya”, kata Ajus dengan santai mengungkapkan perasaannya. “Namun galaunya bisa diatasi dengan kepercayaan dari teman-teman dan harus lebih bertanggungjawab” tambah perempuan kelahiran Malang, 15 Agustus 1990 ini.
Perempuan yang juga pernah menjabat sebagai ketua Himabio FMIPA Unej ini mengungkapkan akan menonjolkan sistem koordinasi antarpengurus pada awal kepengurusannya. Pertama kali yang akan ia lakukan setelah terpilih yakni bersih-bersih sekret BEM seperti yang telah dilakukan ketika diwawancara. Selain itu, ia telah meminta bantuan panitia KPU untuk memberikan informasi kepada seluruh mahasiswa FMIPA tentang pendaftaran pengurus BEM. Setelah dilantik nanti ia berencana untuk melakukan koordinasi pengurus dan merancang program kerja.
Serangkaian kegiatan pemira BEM FMIPA Unej telah diadakan dan secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Di lain sisi, pemira tahun ini masih meninggalkan suatu tanda tanya besar. Merosotkah nilai-nilai sosial dan demokrasi mahasiswa MIPA Unej? Terlepas dari hal tersebut, harapan besar akan adanya perubahan FMIPA menuju lebih baik agaknya harus menjadi tuntutan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh pasangan terpilih. “Bisa membuat MIPA lebih baik lagi dan kinerjanya bagus”, harap Ketua KPU FMIPA Unej 2012. [Anggia Rose Sukaton].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

Manajemen Redaksi

Salam Persma..... Perlu diketahui bahwa....berjalannya suatu lembaga pers ternyata tak hanya menga cu pada proses redaksi , yang dim ulai dari proses hunting sampai printing saja. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pers juga mem erlukan pe n gaturan manajemen secara umum. Manajemen redaksi pers mahasiswa sendiri adalah : keseluruhan dari proses pengaturan sumber daya dalam melakukan kinerja penerbitan (menyangkut  bidang tulis-menulis) ataupun pola pengaturan  dari kinerja redaksi  yang terdapat dalam lingkup aktivitas pers mahasiswa. Lembaga pers biasanya di pimpin oleh pimpinan umum ( General Manager ). Dibawahnya terdapat pemimpin redaksi (manajer  redaksi ) dan pemimpin usaha atau koordinator dana usaha ( marketing manajer ).  Kedua bidang ini, memiliki job descriptions yang berbeda dan terpisah. Tapi keduanya saling mempengaruhi  dan saling mengisi. Redaksi dapat dianggap sebagai ”jantung” dari lembaga pers manapun, s edangkan dana usaha atau marketing ,   seba

Fakultas MIPA selalu sediakan buka Puasa gratis dalam setiap tahunnya

Oleh : Vina Soraya               Marhaban ya Ramadhan, Umat muslim di seluruh dunia tentunya telah menanti datangnya bulan suci ini. Bulan Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Tentunya seluruh orang muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan suci ini. Banyak kegiatan yang bernilai pahala pada saat bulan ini. Salah satu bentuk berbuat kebaikan dalam bulan puasa ini yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Memberi makan orang yang berpuasa maka mendapat ganjaran pahala yang setara dengan orang yang sedang berpuasa.             Agenda buka puasa gratis tentunya selalu menjadi agenda tahunan pada setiap masjid – masjid pada saat bulan Ramadhan tak terkecuali Masjid Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Agenda buka puasa gratis ini telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada Ramadhan tahun ini buka puasa gratis dilaksanakan sejak tanggal 8-17