Langsung ke konten utama

Pahit Gurih Kopi Creamer

Oleh 
Ika Wahyuni          


Aku masih memandangi secarik kertas dengan tinta merah membentuk satu angka tiang dan dua angka nol dibelakangnya. Hasil ujian matematika yang baru saja aku terima, disambut dengan ucapan selamat dosen pembimbing. Kesempurnaan, katanya. Ah, aku bahkan sudah terbiasa dan bahkan tidak tertarik untuk membanggakannya. Maya Hime namaku, mungkin akan lebih mudah dipanggil May. Sebagai salah satu mahasiswi Ilmu Pendidikan, aku sering dijadkan teladan. Nilai semua mata kulyahku tak perlu diragukan, angka A berjejer rapi.tapi bukan ini yang membuatku bisa tertawa lepas seperti mereka, penghuni sisi dunia yang jauh berbeda dengan duniaku yang serba baik dan lancar.

            “ may, nanti bilang ke Bunda ya, aku pulang agak malam. Ada rapat pers di Fakultas Teknik “, Ucap Nay. Aku hanya tersenyum. Ia berlalu tanpa kata lagi. Aku menatapnya dengan tatapan iri , Nay yang bisa bersosialisasi dengan sangat  baik, aktif berorganisasi dan banyak rekan. Meskipun dari segi akademik kami jauh berbeda, setiap akhir semester Bunda geleng-geleng kepala melihat rantai karbon berjejer indah di LHS Nay. Ah, aku muak ketika harus menerima bahwa kami terlahir dari satu sel telur dan satu sel sperma. Bertatapan dengannya hanya membuatku menginginkan dunianya, dunia yang penuh ramah-tamahnya manusia.
            Sejak lahir, aku dan Nay dibesarkan dilingkungan yang sama, fasilitas yang sama dan makan minum yang sama. Tapi sifat kita jauh berbeda. Aku kutu buku dengan nilai cum laude, dan ia aktivis dengan sejuta pengalaman.
            “ masih menginginkan dunianya?”, Tanya Ardian, seakan bisa membaca fikiranku.
            “ nggak, aku… Cuma iri melihatnya tertawa lepas dan berbahagia “, jelasku. Aku menghela nafas panjang. Sesak karena keinginan ini begitu menyakitkan.
            “ kamu nggak bahagia, dengan nila cum laude dan prestasi akademik? Kamu mau jadi organisatoris gitu?”, Tanya Ardian lagi. Aku hanya terdiam. Mungkin lebih tepatnya, aku ingin menggantikan posisi Nay.
            Hingga akhirnya, Nay mengerti apa yang aku rasakan. Sejak seminggu yang lalu, perasaan iri dan dengkiku pada Nay berubah menjadi kebencian. Aku mulai menjauhinya, aku meminta pisah kamar pada bunda, Nay marah tentunya, dan aku hanya diam.  Tapi seiring waktu, Nay terlihat sedikit menjauh. mulai mengurangi aktivitasnya, entah mengapa. Ia mulai sering membaca buku, menyendiri di bangku kantin, dan akhir-akhir ini aku dengar Nay mulai pasif di lembaga pers.
            Semakin lama, Nay semakin aneh saja. Ia mulai terlihat seperti diriku. Nilai-nilainya mulai membaik, tak ada lagi rantai karbon yang terjejer.tak ada lagi keluar malam, rapat, reportase atau semacamnyalah. Lalu, senagkah aku dengan keadaan seperti ini?
            Aku benci melihatnya yang bertingkah sepertiku. Aku benci melihatnya yang mulai menuai pujian karena peningkatan prestasinya. Aku membencinya yang mulai berpakaian rapi dan menawan. Aku…. Aku mungkin ingin ia menghilang Tuhan….
***
           
            Sore itu, Nay sedang rapat di lapangan bola dengan teman-teman persnya. Aku hnya melintas tanpa melihatnya. Seorang teman Nay memanggilku
            “ hei may…sini gabung sini “, ajaknya, ia menarik lenganku dan mengajakku duduk disebelah Nay. Pipi Nay memerah, mungkin ia malu.
            “ wah… liat orang kembar tuh gimana gitu ya…..”, ledek Mita
            “ ah… kalian. Aku ada kerja kelompok nih “
            “ Kalian kembar fisik sih, tapi otaknya beda, May dengan otak super dan Nay dengaan otak bakpau”, ledek Rian. Semua tertawa. Aku tersenyum. Meras seakan menang dari Nay
            “ tapi sayangnya, May kurang sosialisasi nih. Ayo donk jangan nutup diri May. Masak kamu kalah dari Nay. Dia udah melanglang buana sampai ujung Indonesia”, ledek Mita lagi. Aku diam, terasa sesak seperti ada yang mengikat paru-paruku.
            “ udah ah, ngomong apa sih kalian. Kan kita punya jalan hidup masing-masing”, ujar Nay
            “Tapi ya, kalo dilihat-lihat nih, cowok tuh lebih tertarik ke Nay loh. Kamu sih May…kurang terbuka. Masak mau jomblo terus”, ledek Rian. Aku lelah mendengar semua. Aku meninggalkan mereka.
            “May…tunggu May…!”, teriak Nay mengejarku
            “ apa? Puas kamu…”, ucapku marah
            “ may? Kamu marah ke aku?”
“ semua orang suka sama kamu, cewek, cowok. Kamu punya banyak teman Nay… kamu dikagumi. Bnyak orang yang mau bantuin kamu. Sedangkan aku? Siapa aku? Mahasiswi kutu buku yang nggak punya temen “
            “May… dengerin bentar May… aku ama kamu beda. Aku…”
            “ stop Nay… aku juga ingin kayak kamu. Aku ingin jadi kaum. Aku nggak mau melihat kamu sebagai bayanganku lagi”
            “ May….”, ucap Nay berusaha merangkulku, aku mengelak
            “ cukup…”, ujarku lalu pergi. Aku sensitive, terlalu sensitive saat in. bahkan untuk hal yan sepele seperti ini.
***
            Senja ditengah perang dingin antara aku dan Nay. Hamper satu bulan semua seperti ini. Aku duduk menerawang angsasa malam dari balkon kecil kamarku. Nay masuk membawa secangkir kopi. Aku tak merespon kedatangannya.  Nay duduk disebelahku, seakan tidak pernah ada yang salah dengan hubungan kami.
            “ Kamu tahu, bagaimana cara menikmati kopi ini ?”, ucap Nay mengawali. Aku pura-pura tetap membaca kalkulus V yang aku pegang. “ dengan menambahkan kreamer ke dalam kopi ini tentunya. Dengan takaran yang pas, kopi yang pahit akan terasa gurih dan manis”, jelasnya singkat.
            “ ngomong apa sih “, jawabku jutek.
            “ aku dan kamu, May. Ibarat Kopi dan kreamer ini. Harus ada yang menjadi pemanis. Meski pahitnya kopi merupakan pahit yang menenangkan, sebagian orang tidak akan serta menerima pahitnya kopi “, jelas Nay. Aku menatap wajahnya, seakan bercermin pada cermin buram, Nay menatap langit dengan tatapan sayunya.
            “ aku ini kopi, dan kamu kreamernya. Aku Cuma bagian cacat dari diri kamu yang nggak pernah bisa menyamai kedudukan kamu “, ucapnya lagi. Aku tersentak, tetapi aku tak bisa mengucapkan sepatah kata pun.
            “ udah ah, lagi males ngomong “, jawabku. Nay terdiam. Air matanya jatuh ke cangkir kopinya. Kemudian ia berlari ke kamarnya.
            Aku merasa bersalah. Dadaku sesak akan penyesalan. Ingin rasanya kaki ini berlari dan mengejarnya, tapi di satu sisi hatiku yang gelap, aku gengsi. Kenapa aku yang harus mengejarnya?
            Ah, haruskah aku seperti ini. Aku memutar kembali ingatanku ketika kami masih kanak-kanak, kami bermain tanpa ada persaingan dan saling iri. Ketika hari pertama kami mesuk SD, Nay meminjamkan seragam Merah putihnya kepadaku, karena seragamku belum kering, dan akhirnya ia yang kena marah oleh kepla sekolah. Aku ingat, bagaimana kami saling berlomba untuk mendapatkan pujian dari setiap guru dikelas. Tap kami tak pernah bermusuhan. Tak pernah…
            Aku melangkahkan kaki ke dalam kamar. Aku rebahkan tubuh kecil ini ke kasur spons yang dulu menjadi saksi keakrabanku dengan saudara kembarku, Nay. Masih terngiang jelas dikepalaku.
“ aku ini kopi, dan kamu kreamernya. Aku Cuma bagian cacat dari diri kamu yang nggak pernah bisa menyamai kedudukan kamu “
Bukan Nay, sebenarnya akulah kopi itu. yang ada di hidupku hanya nilai, akademik dan tugas kulyah. Dan kamu yang punya sisi manis, sisi kebalikan dari kehidupanku yang datar. Tapi Nay selalu begitu, mengalah demi aku. Ah, aku semakin menyesal saja.
Ku arahkan langkah kaki ku yang agak berat ini ke kamar Nay yang berada disamping kamarku. Dari depan pintu kamarnya, aku mendengar suara tangisan. Nay menangis? Karena aku?
Aku urungkan niat untuk masuk ke kamar Nay. Mungkin esok pagi saja aku minta maaf. Nay mungkin butuh waktu, dan aku juga masih malu mengakui kesalahnku.
***
Sinar matahari menembus trai jendela kamarku. Hari mulai siang, jam dindingku menunjukkan pukul 08.00. aku terbangun. Sejak semalam aku hanya diam dan merenungkan kesalahanku. Tak perlu ditunda lagi, aku akan minta maaf ke Nay.
Aku beranjak dan menuju kamar Nay. Pintunya terbuka. Tempat tidurnya tertata rapi, aku segera masuk. Aku buka lemari Nay, tak satu baju pun tersisa. Make upnya, bedaknya, seragam persnya, semuanya kosong. Aku panic, apa… apa yang terjadi?
            “ Bunda….Ayah…. Nay kemana?”, teriakku dari lantai ats. Tai tak ada satu sahutan pun. Aku pun segera turun. Aku melihat ayah dan bunda hanya berdua, tanpa Nay. Mereka sayu dan tanpa semangat.
“ Bund…. Nay udah ke kampus?”, tanyaku. Bunda hanya terdiam. Ayah menyodorkan secarik kertas biru kepadaku.tanpa asa-basi aku membaca surat itu, dari Nay….

Keindahan tak pernah berakhir ketika aku melihatmu berjuang, saudaraku

May, cermin yang selalu terlihat lebih indah. Nay hanya meninta maaf atas kehadiran Nay yang mungkin nggak kamu inginkan. Mungkin May nggak menyadari, Nay akhir-akhir ini berusaha menjadi seperti May. Nay ingin tahu, bagaimana rasanya menjadi May. Menyenangkan, tapi aku tahu kamu kesepian, tanpa teman. Berbeda dengan apa yang telah aku jalani selama ini, aku banyak teman, aku punya orang-orang yang datang ketika aku butuh mereka. Tapi menyadari semua itu, aku merasa benar-benar menjadi saudara yang nggak respect sama kamu.
May…
Tetaplah menjadi kreamer, karena aku nggak pernah bisa menggantikan kamu menjadi pemanis hidup bunda dan ayah. Dan jangan sekali kali kamu berfikiran untuk menjadi seperti aku. Jangan pernah….
Karena, tidak mungkin ada dua kopi untuk membuat malam hari semakin nikmat…
Aku… selalu menjadi pendukungmu

                                                            Nay

Aku tertegun, aku masih belum mengerti dengan apa yang Nay maksud.
            “ Nay memutuskan ke Yogyakarta, menetap dirumah eyang. Nay melarang ayah dan bunda untuk memberitahu kamu. Nay ingin, kamu tetap menjadi kamu, tanpa memikirkan diri Nay sendiri… “, jelas ayah
            Aku histeris…aku menyesal. Apa yang telah aku lakukan selama ini, pada setengah jiwaku yang membelaku dan memikirkanku melebihi dirinya sendiri. Puaskah aku dengan semua ini? Inikah yang aku cari?
Nay,   kopiku tak akan segurih dulu……

                                       ---THE END----

       Sob, gimana menurut kalian , Okey kan...
Jangan lupa Sarannya yah biar makin okey nich Sobat-sobat kita ..:)                                                                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Redaksi

Salam Persma..... Perlu diketahui bahwa....berjalannya suatu lembaga pers ternyata tak hanya menga cu pada proses redaksi , yang dim ulai dari proses hunting sampai printing saja. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pers juga mem erlukan pe n gaturan manajemen secara umum. Manajemen redaksi pers mahasiswa sendiri adalah : keseluruhan dari proses pengaturan sumber daya dalam melakukan kinerja penerbitan (menyangkut  bidang tulis-menulis) ataupun pola pengaturan  dari kinerja redaksi  yang terdapat dalam lingkup aktivitas pers mahasiswa. Lembaga pers biasanya di pimpin oleh pimpinan umum ( General Manager ). Dibawahnya terdapat pemimpin redaksi (manajer  redaksi ) dan pemimpin usaha atau koordinator dana usaha ( marketing manajer ).  Kedua bidang ini, memiliki job descriptions yang berbeda dan terpisah. Tapi keduanya saling mempengaruhi  dan saling mengisi. Redaksi dapat dianggap sebagai ”jantung” dari lembaga pers manapun, s edangkan dana usaha atau marketing ,   seba

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

Fakultas MIPA selalu sediakan buka Puasa gratis dalam setiap tahunnya

Oleh : Vina Soraya               Marhaban ya Ramadhan, Umat muslim di seluruh dunia tentunya telah menanti datangnya bulan suci ini. Bulan Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Tentunya seluruh orang muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan suci ini. Banyak kegiatan yang bernilai pahala pada saat bulan ini. Salah satu bentuk berbuat kebaikan dalam bulan puasa ini yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Memberi makan orang yang berpuasa maka mendapat ganjaran pahala yang setara dengan orang yang sedang berpuasa.             Agenda buka puasa gratis tentunya selalu menjadi agenda tahunan pada setiap masjid – masjid pada saat bulan Ramadhan tak terkecuali Masjid Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Agenda buka puasa gratis ini telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada Ramadhan tahun ini buka puasa gratis dilaksanakan sejak tanggal 8-17