Langsung ke konten utama

Inspirasi Baru Dari Kuliah Tamu ala Jepang



       Laboratorium CDAST (Center For Development of Advanced Sciences And  Technology) Universitas Jember kembali menggelar acara  berbasis bioteknologi di Gedung Mas Soerahman yaitu kuliah tamu dari dosen  Osaka Prefecture University,  Profesor Masakazu Anpo pada hari selasa tanggal 18 November 2014. Acara yang merupakan kerjasama antara Osaka Prefecture University dengan Universitas Jember ini diadakan di Gedung Mas Soerahman dengan kuota 150 peserta. Profesor yang sekaligus ex-Executive Director ini memberi materi mengenai proses fotosintesis yang dapat diaplikasikan dalam plant factory dsebagai sistem untuk meningkatkan hasil fotosintesis dengan alat semikonduktor Titanium oksida (ctive Oxide Photocatalysts).
Meskipun kuliah tamu ini hanya dihadiri oleh beberapa fakultas saja namun antusias yang tinggi  dapat dilihat dari hidupnya kuliah tersebut. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya dosen dan mahasiswa yang mengikuti dari beberapa fakultas di Unej seperti fakultas MIPA, FAPERTA, FKIP. Ruangan yang dibatasi oleh 150 kuota ini memberikan “nafas segar” dalam dunia akademisi di bidang bioteknologi. The Utilization of Unlimited Sunlight Energy to Sustain Our Better and Save Environment merupakan tema yang dibahas oleh profesor dari Jepang tersebut. Kuliah tamu tersebut merupakan cakrawala baru yang dapat dijadikan ajang untuk meningkatkan teknologi di Indonesia.
Kenyataan ini sealaras dengan opini peserta kuliah tamu. Sebut saja Wawan, mahasiswa Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam mengaku bahwa kuliah tamu ini dapat memberikan inspirasi tentang teknologi yang diterapkan di kampus Jepang tersebut dan berharap dapat kuliah disana, namun mahasiswa berkaca mata ini mengakui adanya kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan.” Bagus, tapi hanya mengerti 10%”. Sama halnya mahasiswa yang lain, Yudha menyampaikan ketertarikannya dan harapannya agar dapat berkolaborasi dengan Osaka University. Dia juga menambahkan durasi kuliah tamu dirasa kurang lama.” Waktunya kurang lama jadi gag bisa tanya-tanya dan sharing lebih banyak lagi” ungkapnya.
Kuliah tamu berlangsung secara kondusif. Saat pemaparan materi berlangsung masih ada sebagian peserta yang menguap berulang kali. Namun hal itu dapat dilibas oleh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dan dosen saat sesi pertanyaan dibuka. Bahkan sempat terjadi sorak-sorai yang menambah hidupnya kuliah tamu tersebut. Hal ini juga dirasakan oleh salah satu dosen dari fakultas awala bagi mahasiswa. Begitu juga Derta Bagus, mahasiswa Biologi angkatan 2010 ini berharap kegiatan ini mampu menciptakan semangat kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti teknologi di negara maju seperti Jepang.
         Sebagai dosen di bidang bioteknologi tumbuhan, Prof. Bambang Sugiharto menyampaikan manfaat yang dapat diambil dari perkuliahan tamu, khususnya bagi mahasiswa biologi” Fotosintesis yang merubah dari energi sinar menjadi energi kimia seperti ATP dan NADPH. Sehingga dapat diterapkan untuk meningkatkan konsentrasi H2 sebagai pabrik tanaman yang dikembangkan di Universitas di Jepang”. Dosen yang mendapat penghargaan dengan riset tebu transgenik ini berharap dengan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Bapak Ahmad Sjaifulloh yang menghadiri kuliah tamu dari Jepang tersebut. Beliau menyatakan ketertarikannya pada kuliah umum yang diadakan,” Hampir tidak pernah mendengar sebelumnya” sambil berjalan menuju laboratorium CDAST, beliau menambahkan bahwa kuliah umum ini dapat membuka cakradanya kuliah tamu ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi mahasiswa tentang bioteknologi. Kuliah tamu ditutup dengan foto bersama antara peserta dengan profesor dari Jepang.

Dokumentasi pribadi : mahasiswa biologi yang mengikuti kuliah tamu dan berfoto bersama dengan Professor dari Jepang, Prof. Masakazu Anpo.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

BUTA AKSARA di JEMBER

Ada tiga hal yang selalu didegungkan pemerintah terkait pembangunan pendidikan di Indonesia, yakni wajib belajar pendidikan dasar, rehabilitasi sekolah dan pemberantasan buta aksara. Namun pada kenyataannya sampai saat ini Indonesia masih belum berhasil  mengatasinya ketiganya, termasuk salah satunya Buta Aksara. Penyadang buta aksara di Indonesia  masih tergolong besar. Kriteria penyandang buta aksara yaitu buta aksara dan angka, buta bahasa Indonesia, dan buta pengetahuan dasar. tingginya angka putus sekolah dasar, beratnya geografis Indonesia. Menurut pemerintah  kesuliatan terbesar dalam pemberantasan buta aksara adalah karena tingginya angka putus sekolah dasar, beratnya geografis Indonesia, munculnya buta aksara baru, dan kembalinya seseorang menjadi buta aksara. a.    Buta aksara di jember Jawa timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi selatan dan Nusa tenggara Barat yang mencapai adalah urutan peringkat dari provinsi yang memiliki penyadang buta akasara terbesar di Indone

ANDROMEDA XIX Berlangsung Meriah

ALPHA-Mahasiswa berjoget bersama.(Foto: Maknun Alpha) ANDROMEDA XIX Berlangsung Meriah        ALPHA  - ANDROMEDA XIX  atau  Diesnatalis Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (HIMAFI ) ke-19 berlangsung meriah pada Sabtu (21/05) kemarin. Acara yang mengusung tema APOLLO ( Annual Party With Traditional Style ) itu diadakan di lapangan Fakultas MIPA dari pagi sampai malam. Pagi harinya diadakan jalan santai ( colour run) yang diikuti oleh semua warga fisika baik dosen maupun mahasiswa. Sedangkan pada malamnya merupakan puncak perayaan acara tersebut . Pembukaan puncak acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh dosen Jurusan Fisika, Artoto Arkundato. Dengan me nampilkan beberapa lagu beat dan mengundang DJ sebagai guest star , Andromeda berhasil memukau tamu undangan yang sedang menikmati malam minggunya. Tak hanya guest star , malam puncak tersebut juga melibatkan peran aktif mahasiswa dari angkatan 2012 hingga 2015. Mer