Langsung ke konten utama

Inagurasi Himaki 2015 : Glow In The Dark

            Minggu ketiga di bulan April ini, tepatnya tanggal 25 HIMAKI (Himpunan Mahasiswa Kimia) mengadakan Inagurasi 2015. Inagurasi merupakan bagian akhir dari serangkaian acara ospek jurusan kimia yang dibagi menjadi tiga yaitu Matrikulasi, Rekristralisasi dan Titrasi. Malam itu, acara terlihat meriah dengan dekorasi ruang yang serba Glowy. Acara yang bertempat di gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) Universitas Jember ini mengambil tema “Glow in the Dark”. “Kami mengusung tema ini agar berbeda dari tahun lalu. Glow in the dark ini artinya bersinar di kegelapan”, kata Ketua Panitia saat memberikan sambutan. 
          Saat tiba di acara, panitia menyuguhkan dekorasi ruang yang cukup unik. Ruangan dibuat sedikit gelap dengan kain hitam yang menutupi dinding gedung kala itu. Namun cahaya fluorescence tampak glowy memenuhi berbagai sudut ruang maupun aksesoris yang dikenakan oleh mahasiswa kimia. Perpaduan ini sangat sesuai dengan tema yang diusung. Sesi pengambilan gambar sebelum memasuki ruangan tampaknya paling diminati. Betapa tidak, antrian untuk mengabadikan momen di depan stand berhias bintang-bintangan dan cahaya fluorescene sangat ramai.
         Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB ini dibuka oleh Pembantu Dekan III yaitu Nurul Priyantari S,Si M,Si dengan pemotongan pita. Kemudian acara dilanjutkan oleh teriakan yel-yel angkatan untuk membakar semangat. Ada yang menarik ketika itu, pasalnya MC (Master of Ceremony) tiba-tiba menarik sepasang mahasiswa yang dianggap berkostum menarik. Dialah Lailatul Badriyah dari angkatan 2012 dan Ahmad Suhardiman dari angkatan 2014. Kostum yang dikenakan Ela (panggilan Lailatul Badriyah) yaitu setelan creamy dengan lengan terbelah ala korean style dan hiasan fluorescence di kepala ala putri. Sementara Mamat (panggilan Ahmad Suhardiman) menggunakan penutup kepala yang di modifikasi ala Timur Tengah.
          Inagurasi 2015 semakin meriah dengan yel-yel angkatan yang selalu di teriakkan sepanjang acara. Setiap angkatan sepertinya tidak mau kalah, tidak hanya soal yel-yel namun juga saat tampil. Penampilan setiap angkatan bervariasi mulai dari dance, drama, nge-band, maupun vokal grup. Vokal grup ditampilkan oleh angkatan 2011 yang bernama Solvent. Angakatn 2011 dikenal dengan kekompakkannya, termasuk saat tampil mereka menggunakan kostum bertuliskan solvent yang sama dan menyanyikan lagu-lagu daerah dan menambah persatuan diantara mereka. Solvent adalah solidarity of family chemist two thousand elevan”, ungkap Mantan Ketua Umum Himaki Nanang Sugiarto. Nanang mengatakan bahwa nama itu diperoleh saat mereka masih Maba (Mahasiswa Baru). Menurut ketua angkatan ini, salah satu rahasia kekompakkan adalah harus ada orang-orang yang sadar dan berpengaruh untuk menyentuh hati teman-temannya. “Perbedaan itu bisa menjadi kekuatan, jangan ada gap terutama sesama angkatan, karena kebersamaan itu tidak bisa dibeli”, paparnya.
Vokal Grup oleh Solvent (LpmmAlpha/Ihsan)
          Beberapa kendala juga sempat dialami dalam penyelenggaraan inagurasi 2015. Mengenai tempat, panitia sempat mengalihkan dari gedung PKM ke gedung Soetarjo. Hal ini dikarenakan masalah perijinan yang didahului oleh acara Pamadiksi (Paguyuban Mahasiswa Bidik Misi), sehingga pihak rektorat tidak mengijinkan. Namun di  gedung Soetarjo ada kendala lain karena dilarangnya melakukan dekorasi terutama menggunakan paku. Akhirnya panitia memutar otak untuk menggunakan gedung ormawa FMIPA atau ruang biologi umum. Beberapa waktu kemudian, pihak panitia mendapat kabar dari pamadiksi bahwa gedung PKM bisa digunakan oleh himaki. Berhubung acara pamadiksi diadakan pada pagi hari dan acara himaki pada malam harinya, maka gedung PKM bisa digunakan secara bergantian. Akhirnya dekorasi ruang dikerjakan secara bersama-sama. Selain tempat, tema yang diusung juga mengalami pro dan kontra. Setelah banyak tema yang diusulkan selama rapat, tema Glow in the Dark diambil. Namun setelah disampaikan ke masing-masing angkatan, ada yang menolak tema tersebut. Beberapa menganggap bahwa tema glow tersebut terkesan mewah dan glamor, sempat timbul perdebatan juga namun setelah dijelaskan mengenai makna dari glow tersebut akhirnya tema dapat diterima. ”Maksud dari glow disini yaitu dapat menyinari atau bermanfaat bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya”, jelas Marena Thalita Rahma selaku Ketua Umum Himaki.
          Selepas kendala pra-acara, kendala saat acara berlangsung yaitu salah satu angkatan gagal tampil karena kendala non teknis. Selain itu, PD III juga menyayangkan fasilitas yang kurang mendukung seperti sound dan microfon. Akibatnya suara kurang keras dan kurang jelas. Meskipun demikian, inagurasi ini tetap dinilai positif oleh beliau. “ Sangat positif, karena ini juga wadah anak-anak untuk mengeksplorasi bakatnya kemudian menunjukkan kekompakkan semua angkatan dan semua komponen melebur jadi satu”, ungkap beliau. Komponen yang dimaksud disini yaitu tidak hanya mahasiswa angkatan 2014 hingga 2011 melainkan dosen dan teknisi sekeluarga begitupun juga cleaning service ikut datang hadir untuk menghilangkan penat. “ Sambutan dosen dengan acara ini patut diapresiasi”, tambahnya.
          Pada pertengahan acara, terpilihlah dosen-dosen favorit versi mahasiswa himaki. Terpilihlah Drs.Achmad Sjaifullah Ph.d dan Ika Oktavianawati S,Si M,Si. Setelah kedua dosen memberikan sambutan, kini Agung Budi Santoso S.Si, M.Si. salah satu dosen kimia juga diminta untuk menemani Bu Ika untuk berduet lagu Kisah kasih di Sekolah. Lagu dari almarhum Chrisye ini seketika menyihir seluruh orang yang hadir malam itu. Mereka ikut bernyanyi bersama-sama. Tak ketinggalan juga, pemenang King and Queen 2014 yang baru saja terpilih juga ikut larut di dalamnya. Dengan diadakannya acara inagurasi 2015, muncul harapan-harapan baru untuk himaki kedepannya. “ Semakin solid saja dari anggota himaki, tidak hanya aktif di acara inagurasi tapi juga di semua acara himaki, saling akrab sesama maupun antar angkatan”, ungkap Ketua Umum Himaki.

(by : Nurul Mahmuda)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

BUTA AKSARA di JEMBER

Ada tiga hal yang selalu didegungkan pemerintah terkait pembangunan pendidikan di Indonesia, yakni wajib belajar pendidikan dasar, rehabilitasi sekolah dan pemberantasan buta aksara. Namun pada kenyataannya sampai saat ini Indonesia masih belum berhasil  mengatasinya ketiganya, termasuk salah satunya Buta Aksara. Penyadang buta aksara di Indonesia  masih tergolong besar. Kriteria penyandang buta aksara yaitu buta aksara dan angka, buta bahasa Indonesia, dan buta pengetahuan dasar. tingginya angka putus sekolah dasar, beratnya geografis Indonesia. Menurut pemerintah  kesuliatan terbesar dalam pemberantasan buta aksara adalah karena tingginya angka putus sekolah dasar, beratnya geografis Indonesia, munculnya buta aksara baru, dan kembalinya seseorang menjadi buta aksara. a.    Buta aksara di jember Jawa timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi selatan dan Nusa tenggara Barat yang mencapai adalah urutan peringkat dari provinsi yang memiliki penyadang buta akasara terbesar di Indone

ANDROMEDA XIX Berlangsung Meriah

ALPHA-Mahasiswa berjoget bersama.(Foto: Maknun Alpha) ANDROMEDA XIX Berlangsung Meriah        ALPHA  - ANDROMEDA XIX  atau  Diesnatalis Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (HIMAFI ) ke-19 berlangsung meriah pada Sabtu (21/05) kemarin. Acara yang mengusung tema APOLLO ( Annual Party With Traditional Style ) itu diadakan di lapangan Fakultas MIPA dari pagi sampai malam. Pagi harinya diadakan jalan santai ( colour run) yang diikuti oleh semua warga fisika baik dosen maupun mahasiswa. Sedangkan pada malamnya merupakan puncak perayaan acara tersebut . Pembukaan puncak acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh dosen Jurusan Fisika, Artoto Arkundato. Dengan me nampilkan beberapa lagu beat dan mengundang DJ sebagai guest star , Andromeda berhasil memukau tamu undangan yang sedang menikmati malam minggunya. Tak hanya guest star , malam puncak tersebut juga melibatkan peran aktif mahasiswa dari angkatan 2012 hingga 2015. Mer