Kemahasiswaan Pantau Aksioma, Cegah Aksi Perpeloncoan


UNEJ-Kemahasiswaan Fakultas MIPA Universitas Jember  menerjunkan Tim Pemantau  dalam acara  AKSIOMA (Aktualisasi Visi Misi dan Orientasi Mahasiswa) XIV 2015. Tim ini sengaja disiagakan untuk menindaklanjuti  surat peringatan dari pihak rektorat Universitas Jember, tentang larangan Dikti mengenai aksi kekerasan dan perpeloncoan mahasiswa baru.
Tim yang diterjunkan oleh kemahasiswaan diantaranya Pak Muji dan Bu Yus (panggilan akrab sub bag kemahasiswaan-red). Ketiganya memantau acara selama aksioma berlangsung. Pemantauan ini  sengaja dilakukan karena  dikhawatirkan panitia AKSIOMA masih melakukan aksi perpeloncoan.  Hal ini karena kepanitiaan aksioma diserahkan langsung kepada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).
Menanggapi hal tersebut, Pak Muji menganggap bahwa sebenarnya larangan dikti ini justru mengurangi respect  mahasiswa terhadap lingkungan sosialnya. Rasa kebersamaan dan peduli antar sesama menjadi sulit terbentuk. Mahasiswa cenderung manja dan tidak memiliki ketertarikan dalam berorganisasi. “Kalau dulu saya lebih keras dari ini. Hasilnya ya kita benar-benar mandiri. Disini kita harus belajar menyelesaikan tugas kurikulum, masalah hidup yang jauh dari orang tua, dan kegiatan di luar studi. Kalau saya lihat mahasiswa sekarang menjadi cenderung manja dan tidak mau tahu,” kata Muji, ketika di datangi tim Alpha (30/08).
Selain sikap anti sosial mahasiswa baru, pengurangan tingkat kedisiplinan dalam aksioma setiap tahunnya menimbulkan dampak lain.  Ketertarikan mahasiswa pada unit kegiatan mahasiswa (UKM) menjadi menurun. Akibatnya beberapa UKM menjadi pasif dan tidak terasa eksistensinya. “ Kalau dulu mahasiswa mencari  yang tua untuk gabung (UKM-red), tapi sekarang malah UKM sendiri yang mencari mahasiswa.” Tambah Muji.[]

Reported by : Ihsan, Uyung, Anton


About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.