Semangat Persma! Semangat Jurnalistik!

Salam Pers Mahasiswa!
      Lembaga Pers Mahasiswa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (LPMM) ALPHA Universitas Jember (Unej) kembali menggelar kegiatan tahunan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar X (PJTD) Ruang yang bertempat di Lingkungan Fakultas MIPA. Agenda yang mengusung tema "Keep Spirit and Show Up Your Journalism Soul" ini berlangsung pada tanggal 28 dan 29 November 2015 dengan peserta berjumlah lima belas mahasiswa dari empat jurusan dari fakultas MIPA.
Pembukaan PJTD ALPHA kesepuluh
       Panitia yang diketuai oleh Mahasiswa Fisika 2013, Retno Aprilina ini telah menghadirkan berbagai pemateri jurnalis mulai dari Pers Perhimpunan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Kota Jember sampai  jurnalis profesional  yang memiliki banyak pengalaman tulis-menulis di Media Indonesia (MI).  drh. Wuryanti M.Si selaku pembina ALPHA memberikan sambutan sekaligus membuka acara PJTD Ruang ALPHA X.
      Tak hanya itu, pemateri yang memberikan materi kejurnalistikan meliputi manajemen redaksi, foto jurnalistik, teknik kepenulisan dan prinsip teknik reportase melengkapi acara yang dipimpin oleh Nurul Mahmudah (Pemimpin Umum ALPHA)
Terlebih lagi para undangan dari berbagai LPM Se-Jember memeriahkan acara tersebut. Mereka juga membantu panitia dalam mengontrol dan membimbing para peserta. 
Serangkaian materi dalam ruangan merupakan awal para peserta untuk terjun ke lapang mencari berita. Memburu berita di sekitar Kampus Unej menjadi penutup dua acara ini. Daerah Kampus Unej Jalan Karimata dan Sumatra menjadi pilihan daerah liputan berita. Para peserta yang terbagi menjadi empat kelompok mencari berita yang layak untuk diangkat. Pemilihan tema yang menurut mereka menarik menjadi pertimbangan dalam pembuatan tulisan. 
Pelatihan Jurnalistik Dasar tentang Teknik Reportase
             Setelah menunggu satu setengah jam akhirnya evaluasi pun menjadi penentu hasil dua hari itu. Tim Redaksi mengevaluasi tulisan-tulisan para peserta satu per satu. Beberapa tulisan akan menjadi evaluasi bersama yang dilakukan oleh para peserta dan semua panitia. Semua belajar, semua berproses. Acara yang ditutup sore hari itu menyisakan kesan tersendiri bagi adik-adik peserta," Rasanya mengikuti PJTD X itu, seruuuuu, dengan pengalaman pemateri yang banyak dan banyak camilannya," tukas Putri, salah satu peserta PJTD dari jurusan Biologi 2015. 


Peserta PJTD ALPHA kesepuluh

Pelatihan Fotografi Oleh Bapak Heru


Penyerahan Fandel kepada Pemateri

Praktek Reportase di sekitar kampus UNEJ


About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.