Langsung ke konten utama

“Harmony in 90’s Night” Malam Inagurasi Kimia 2015

 “Harmony in 90’s Night”
Malam Inagurasi Kimia 2015

Oleh: Nurul Hidayati (Staf Magang Alpha 2015)

Hello guys..!

Nggak terasa ya sudah memasuki musim liburan akhir semester gasal dan tahun baru tinggal menghitung jari. Pasti kalian banyak yang lagi mempersiapkan planning – planning buat ngisi liburan semester ini. Entah bersama sahabat, teman – teman semasa sekolah, teman rumah, atau bahkan mungkin bareng keluarga tercinta.
Tapi sstt, sebelum itu kita tengok dulu yuk salah satu acara yang diadakan oleh mahasiswa kimia FMIPA Universitas Jember kemarin sebagai penutup dari semester gasal kali ini. Tepat tanggal 27 Desember 2015 warga kimia merayakan malam inagurasi angkatan 2015 di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) dengan judul “Harmony in 90’s Night”. Apa maksudnya ya??? Judul ini selaras dengan tema yang diambil yaitu ala 90–an. Jadi biar suasananya serasa berada di jaman dulu, istilahnya nostalgia gitu.
Inagurasi ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan CATION (Himaki) yang diikuti oleh angkatan dari 2015, 2014, 2013, dan 2012, bahkan ada beberapa mahasiswa angkatan 2011 yang ikut berpartisipasi untuk hadir. Jadi nggak heran lah kalau acara ini rame banget karena diikuti oleh semua angkatan aktif. Tidak hanya mahasiswa, para dosen pun hadir dalam acara ini. Diantaranya ada Dr. Bambang Piluharto, S.Si., M.Si. (Ketua Jurusan Kimia), Yudi Aris Sulistiyo, S.Si., M.Si. (Pembina Himpunan Mahasiswa Kimia), Drh. Wuryanti Handayani, M.Si.,  dan Eka Oktavianti, S.Si., M.Si.. Acara malam puncak penyambutan maba  ini dimulai pukul 18.00 WIB yang diawali dengan sambutan-sambutan. Sambutan kali pertama oleh Ketua Panitia yaitu M. Ilham Fahruzi(2014), kemudian oleh Ketum Himaki, Marena Thalita Rahma (2012). Nah, barulah setiap angkatan menampilkan bakatnya masing – masing di panggung INAGURASI. Semua ayang hadir tampak antusias menikmati rangkaian acara yang disusun oleh panitia.
Nggak cuma penampilan dan hiburan dari tiap angkatan, disini panitia juga mengumumkan dosen kimia terfavorit  yang dipilih langsung oleh mahasiswa beberapa hari sebelumnya. Penasaran kan siapa aja dosen terfavoritnya?? Apakah dosen pilihan para reader?? Ya. Dosen laki – laki terfavorit diraih oleh Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D.. Dosen ini terkenal waw kalau mengajar kimia organik sebagai spesifikasi ilmunya. Sedangkan dosen terfavorit perempuan adalah Ika Oktavianti, S.Si.,M.Si. yang spesifik di kimia organik juga. Ia sebagai pengampu mata kuliah Sintesis Senyawa Organik (SSO).
Oh iya guys, tak hanya mahasiswa yang berkreasi disini, dosen–dosen nggak kalah aksi panggung juga lho. Mereka menampilkan sebuah lagu 90–an yang berjudul “Kemesaraan” versi Broery Marantika. Melihat penampilan yang sedikit malu-malu ini, serentak mahasiswa  ikut menyanyikan lagu nostalgia ini. Lagu–lagu jaman dulu emang enak dan gak ada bosennya kalau dinyanyikan guys. Ya kan?
Setelah para dosen menyanyikan lagu kemesraan, ini dia gaya kemesraan sesungguhnya. Tiap-tiap pasangan perwakilan masing-masing angkatan dibebaskan untuk berlenggak-lenggok sambil menunjukkan keserasian keduanya. Model laki-laki dan model perempuan berjalan dari arah berlawanan dan bertemu di tengah cat walk. Pasangan ini kemudian berjalan bersama sepanjang gelaran karpet merah. Gaya dan dress code pasangan ini ternyata dinilai oleh juri tersembunyi lho. Dari ke empat angkatan yang bergaya, terpilih lah pasangan Moh Ihsan Fadli dan Dyah Vira Pradana, perwakilan angkatan 2013 sebagai model dress code terbaik. Kepada keduanya  diberikan bingkisan dan voucher photo grup gratis untuk satu angkatan di DIG Photoworks Ruko Java Square No. 4 Jalan Jawa Jember.
Ada lagi. Satu hal yang menjadi sajian wajib di malam inagurasi kimia. KING and QUIN. Ya,raja dan ratu kimia. Ajang pemilihan king and quin ini berlaku turun temurun setiap tahunnya. Setelah tahun lalu terpilih Richard Erbachan dan Vidya Wahyu Pratiwi sebagai King and Quin 2014, di malam inagurasi ini terpilih Adi Kurniawan Effendi  dan Kholifatur Rizky Nurfitriani sebagai King And Quin 2015. Dengan visi  menjadikan mahasiswa kimia FMIPA UNEJ mahasiswa yang berkualitas, berprestasi, aktif, inovatif,bertanggung jawab, serta mempunyai rasa simpati dan rasa kekeluargaan tinggi dan misinya untuk menumbuh kembangkan kreativitas, bakat, minat,potensi serta rasa kekeluargaan antar mahasiswa, dan memajukan jurusan kimia yang berprestasi disegala bidang, King and Quin ini diharapkan mampu menjadi media bagi mahasiswa lainnya dalam aktifitas perkuliahan.
Menjadi mahasiswa, tentunya tak boleh asyik dengan unjuk kreativitas saja. Prestasi akademis adalah tujuan utama di balik malam gemerlap ini. Penghargaan juga diberikan kepada peraih IPK tertinggi dari masing-masing angkatan. Siapa saja ya kira – kira yang mendapatkan IPK tertinggi itu? Ok. Gue sebutin satu persatu ya guys. Angkatan 2012 diraih oleh Handariatul Masruroh, angkatan 2013 diraih oleh Zulfa Nailul Ilmi, dan angkatan 2014 diraih oleh Vidya Wahyu Pratiwi. Wihhh.. keren.. Cewek semua nih yang mendapat IPK tertinggi. Mahasiswa terbaik ini diberikan cinderamata sebagai tanda penghargaan. Penyerahan cinderamata diberikan langsung oleh ketua jurusan kimia yang hadir pada malam itu.
                Acara inagurasi yang disponsori oleh teh Javana, Bank BRI, DIG Photowork, Roti Mr. Bread, dan kafe Cak Wang ini ditutup dengan penampilan DJ. Menurut ketua umum Himaki, Marena, acara inagurasi ini bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan dan kekeluargaan warga kimia sehingga tidak ada batasan antar angkatan. Bagaimana tidak, saat pemain DJ beraksi, para mahasiswa membaur di depan pentas berjoget bersama tanpa mengenal perbedaan.[]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

BUTA AKSARA di JEMBER

Ada tiga hal yang selalu didegungkan pemerintah terkait pembangunan pendidikan di Indonesia, yakni wajib belajar pendidikan dasar, rehabilitasi sekolah dan pemberantasan buta aksara. Namun pada kenyataannya sampai saat ini Indonesia masih belum berhasil  mengatasinya ketiganya, termasuk salah satunya Buta Aksara. Penyadang buta aksara di Indonesia  masih tergolong besar. Kriteria penyandang buta aksara yaitu buta aksara dan angka, buta bahasa Indonesia, dan buta pengetahuan dasar. tingginya angka putus sekolah dasar, beratnya geografis Indonesia. Menurut pemerintah  kesuliatan terbesar dalam pemberantasan buta aksara adalah karena tingginya angka putus sekolah dasar, beratnya geografis Indonesia, munculnya buta aksara baru, dan kembalinya seseorang menjadi buta aksara. a.    Buta aksara di jember Jawa timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi selatan dan Nusa tenggara Barat yang mencapai adalah urutan peringkat dari provinsi yang memiliki penyadang buta akasara terbesar di Indone

LEMAHNYA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Oleh : Jihan Febryan Damayanti Generasi muda merupakan harapan negara. Namun, di era globalisasi saat ini masyarakat telah menggunakan cara berfikir yang cenderung meninggalakan budaya ketimuran dan lebih mengacu dengan budadaya barat yang cenderung bebas. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting kewibawaan sebuah negara. Dengan mutu pendidikan yang baik pastinya akan melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan kompeten di bidangnya. Dari pendidikan seseorang akan belajar menjadi pribadi yang berkarakter dan memiliki ilmu sosial yang tinggi.      Pendidikan di indonesia kembali menjadi sorotan dalam beberapa hari belakangan ini. Salah satu gagasan terbaru menteri pendidikan dan kebudayaan mengenai sistem pendidikan dan kebudayaan membuat mata masyarakat kembali meninjau mutu pendidikan di indonesia. Pada tahun 2014 posisi pendidikan di indonesia sangatlah buruk. The learning gurve pearson 2014, sebuah lembaga peningkatan pendidikan dunia memaparkan bahwa indonesia