Berlatar Halaman Kampus, MIPA Gelar Perpisahan Alumni

Berlatar Halaman Kampus, MIPA Gelar Perpisahan Alumni


ALPHA – Senin (18/4/2016), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Jember menggelar acara perpisahan alumni Pasca Sarjana (S2) dan Sarjana (S1) FMIPA untuk kali pertama di luar ruangan. Gelaran acara bersama wali mahasiswa ini didesain di luar ruangan untuk memperakrab hubungan alumni, wali mahasiswa, dan civitas akademika FMIPA dengan latar halaman kampus.
Acara yang dijadwalkan pukul 13.00 WIB tersebut baru dibuka oleh Pembantu Dekan (PD) I, Achmad Sjaifullah pukul 13.58 WIB. Sebanyak 31 wisudawan dan walinya bersama dengan para pembantu dekan, kepala jurusan, sekertaris jurusan, kepala laboratorium, dan akademisi FMIPA hadir dalam acara tersebut.  Konsep acara sengaja dibuat santai agar kedekatan dengan wali mahasiswa lebih terasa. Latar belakang air mancur di halaman kampus FMIPA membuat kesan sendu yang natural. “Jadi gini, sebelumnya itu di dalam ruangan. Nah, kalau di dalam gedung itu kesannya terlalu formal sehingga acara ini diadakan di luar karena sifatnya santai saja,“ kata Rusli Hidayat, PD III FMIPA.
Wali mahasiswa yang hadir dapat sharing- sharing bagaimana perkuliahan anaknya selama di Universitas Jember ini hingga akhirnya bisa diwisuda pada hari itu. Dengan bertepatan hari aktif perkuliahan, orang tua dapat melihat seperti apa kehiduan kampus Fakultas MIPA dan masing-masing jurusan anaknya. Selain itu orang tua juga dapat berfoto-foto dengan dosen maupun akademika FMIPA.
Bentuk kegiatan ini sengaja dipilih karena undangan orang tua atau wali mahasiswa saat rapat senat tertutup (yudisium) yang diadakan oleh senat fakultas nyaris tidak dihadiri. Dengan membuat acara seusai wisuda universitas, diharapkan kehadiran wali mampu mempererat tali persaudaraan dengan wali mahasiswa. “Yudisium fakultas sebenarnya sudah mengundang orang tua untuk hadir, tetapi selama ini tidak pernah ada yang hadir untuk yudisium. Alasannya mungkin karena mereka (wali mahasiswa, red) harus menginap lebih dulu sebelum anaknya diwisuda. Jika keduanya hadir, akan sulit bagi mahasiswa tersebut untuk mencarikan penginapan bagi orang tua karena sistem tempat tinggal di daerah kampus dibedakan atas jenis kelamin, jadi sulit untuk mencari tempat penginapan kecuali dengan jalan satu satunya adalah di hotel,” terang Rusli.[]

Nurul Hidayati
(Staff Magang 2016)




About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.