Dapat Laporan, Dekan Bubarkan Panitia Ospek

Dapat Laporan, Dekan Bubarkan Panitia Ospek


ALPHA - Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Jember membubarkan panitia Aktualisasi Visi dan Misi Orientasi Mahasiswa MIPA (Aksioma) 2016. Panitia ospek tingkat fakultas yang telah terbentuk sesuai term of refference (TOR) yang disetujui Pembantu Dekan III tersebut nyaris dibubarkan jelang hari pertama acara, 03/09 lalu. Hal ini dilakukan karena dekan mendapat teguran rektor dengan alasan bahwa penyelenggaraan orientasi mahasiswa Fakultas MIPA dianggap telah melanggar aturan dalam Surat Keputusan (SK) rektor dan Direktoral Ormawa.
Teguran yang disampaikan oleh rektor kepada dekan tersebut sebagai tindak lanjut pengaduan wali mahasiswa melaui surat pengaduan Universitas Jember kepada  rektor. Orang tua atau wali mahasiswa tersebut menganggap panita Aksioma telah melakukan perpeloncoan terhadap anaknya.
Setelah dikonfirmasi kepada ketua panitia Aksioma, Taqrub, 2015, masalah ini hanyalah akibat salah pemahaman informasi mahasiswa terhadap dress code yang diberikan panitia. Panitia memang tidak menjelaskan secara gamblang mengenai foto diri dengan menggunakan make up seram kepada calon peserta ospek. “Sebenarnya ya kesalahan aku juga, panitia tidak menjelaskan secara eksplisit, kata make up seram yang dimaksud itu seperti apa. Kalau mengacu pada tahun lalu ‘kan hanya lipstick hitam, tapi mahasiswanya sendiri totalitas, ya kesalahan hanya pada itu, salah persepsi,” terang Taqrub.

Berkaitan dengan hal tersebut ospek akan dilaksanakan selama sepuluh minggu dalam satu semester gasal. Acara ospek tingkat fakultas dan jurusan akan menjadi satu rangkaian dalam kegiatan P2MABA yang dipanitiai oleh staf fakultas dan perwakilan dari mahasiswa. Rangkaian ini untuk mengantisipasi kejadian serupa pada ospek jurusan karena panitia ospek yang disusun oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) juga dibubarkan.[]
 Moh Ihsan Fadli

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.