Antusias Mahasiswa MIPA dalam pelatihan PKM



            ALPHA - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Jember mengadakan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Sabtu, 8 April 2017. Pendaftaran pelatihan tersebut dilakukan secara online sebelum tanggal pelaksanaan. Antusias warga MIPA dalam mengikuti kegiatan pelatihan PKM sangat tinggi dilihat dari jumlah pendaftar pelatihan yang mencapai 202 peserta dari keseluruhan warga MIPA. Namun, hal itu tak sebanding dengan jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan PKM pada Sabtu lalu. Pembukaan acara hanya dihadiri oleh tidak lebih dari dua puluh mahasiwa. Hal ini dikarenakan cuaca yang tidak mendukung, dimana hujan turun sebelum acara dimulai. Oleh karena itu, acara yang dijadwalkan mulai pukul 07.30 WIB menjadi molor hingga pukul 09.00 WIB. Selain itu, acara pelatihan PKM ini juga bebarengan dengan acara Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi yaitu pemilihan Duta Lingkungan Hidup (DLH). Sehingga, mayoritas warga Jurusan Biologi yang telah mendaftar pelatihan PKM banyak yang tidak menghadiri acara pelatihan ini.
Acara pelatihan PKM dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Jember yaitu Drs. Sujito, Ph.D. Setelah pembukaan, Dekan yang biasa dipanggil Pak Jito tersebut melanjutkan dengan pemaparan materi mengenai PKM secara umum. Pak Jito berpesan kepada para peserta bahwa semua yang hadir dalam pelatihan harus membuat proposal PKM dan diajukan ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). “Kalau ada permasalahan apapun mengenai pengajuan proposal, silahkan datang ke saya,” ungkap Pak Jito.Pemaparan mengenai PKM selanjutnya oleh Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D selaku Wakil Dekan I dan dilanjutkan oleh Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si selaku Wakil Dekan II FMIPA Universitas Jember.
Menurut salah satu peserta yang hadir dalam pelatihan PKM, Rofiki Fahim, materi yang disampaikan oleh Wakil Dekan I yaitu bagaimana mencari ide dari sebuah masalah. “Selagi masih hidup di bumi, pasti ada masalah,” ungkap Rofiki dari kutipan yang disampaikan Wakil Dekan I. “Kalau Pak Kosala itu lebih pada perbedaan antara PKM, jangan sampai salah kamar, maksudnya PKM itu seharuanya kategori KC (Karsa Cipta, red) tapi didaftarkan di PKMT (PKM Teknologi, red)," lanjut Rofiki.
Pelatihan PKM ini diadakan oleh Fakultas MIPA setiap tahunnya. Menurut Ira Apsari (20), pelatihan PKM ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dimana kita sebagai mahasiswa diingatkan untuk berpikir kreatif dengan cara membuat PKM. “Tapi seharusnya langsung dibagi setiap PKM, terus langsung disuruh cari ide. Cek gak sia-sia (Biar tidak sia-sia, red),” Ungkap mahasiswa Jurusan Fisika tersebut.[]
Yossika-ALPHA

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.