PEMILIHAN UMUM KETUA DAN WAKIL KETUA BEM FMIPA PERIODE 2019

Oleh: Vina Soraya

Jember 19 Desember 2018. Telah dilaksanakan kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua BEM  FMIPA periode 2019 di Gazebo matematika Fakultas MIPA Universitas Jember. Terdapat dua pasangan calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA yang mencalonkan diri. Kedua calon tersebut yaitu dengan nomor urut satu Nadya Rismana dan Ach Zulvi Nurin Naufal, nomor urut dua Irham Afidatul dan Dimas Sony Santoso. Acara pemilihan ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM). Sebelum diadakan pemilihan ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 ini terdapat acara debat calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 yang dilaksanakan pada Senin 17 Desember 2018. Acara debat calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 ini dihadiri oleh seluruh warga FMIPA. Melalui acara tersebut seluruh warga FMIPA dapat bertanya langsung kepada calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA periode 2019. Sayangnya, acara tersebut tidak begitu disambut hangat oleh warga FMIPA sendiri. Hal ini ditunjukan dengan sepinya warga FMIPA yang datang ke acara debat tersebut.
            Andik selaku ketua KPUM tahun 2018 menuturkan “Memang antusias warga FMIPA dalam acara pemilu tahun ini sangat kurang, pada saat acara debat calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 sedikit sekali warga FMIPA yang hadir. Sehingga saat acara pemilihan pagi ini masih banyak warga FMIPA yang kurang mengetahui personal calon ketua dan wakil ketua yang akan dipilih”
            Kurangnya antusias warga FMIPA dalam acara pemilihan ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 dikarenakan beberapa faktor diantaranya jadwal pemilihan bertepatan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) semester gasal, kurangnya publikasi dari pihak KPUM dan renggang waktu kampanye yang singkat. Kampanye dilakukan hanya dua hari saja pada hari Jumat – Sabtu 14, 15 Desember 2018.
            Taqrub salah satu mahasiswa FMIPA menjelaskan “Perbedaan pemilihan tahun 2018 dan 2017 memang terlihat jelas, dimana pemilihan tahun 2017 terlihat semangatnya. Seharusnya sebagai mahasiswa FMIPA harus sadar pentingnya pemilu ini. Sebagai warga FMIPA seharusnya mengingatkan warga FMIPA lainnya untuk menggunakan hak suara dalam pemilihan ketua dan calon ketua BEM FMIPA periode 2019 ini”
            Jumlah seluruh mahasiswa aktif FMIPA yang memiliki hak suara yaitu 1082 orang. Namun hanya 621 mahasiswa FMIPA yang menggunakan hak suaranya dalam pemilihan ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 ini. Berdasarkan hasil pemungutan suara diperoleh hasil pasangan calon satu memperoleh 156 suara, pasangan calon dua memperoleh 440 suara dan terdapat 25 suara yang tidak sah.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.