Langsung ke konten utama

PEMILIHAN UMUM KETUA DAN WAKIL KETUA BEM FMIPA PERIODE 2019

Oleh: Vina Soraya

Jember 19 Desember 2018. Telah dilaksanakan kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua BEM  FMIPA periode 2019 di Gazebo matematika Fakultas MIPA Universitas Jember. Terdapat dua pasangan calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA yang mencalonkan diri. Kedua calon tersebut yaitu dengan nomor urut satu Nadya Rismana dan Ach Zulvi Nurin Naufal, nomor urut dua Irham Afidatul dan Dimas Sony Santoso. Acara pemilihan ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM). Sebelum diadakan pemilihan ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 ini terdapat acara debat calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 yang dilaksanakan pada Senin 17 Desember 2018. Acara debat calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 ini dihadiri oleh seluruh warga FMIPA. Melalui acara tersebut seluruh warga FMIPA dapat bertanya langsung kepada calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA periode 2019. Sayangnya, acara tersebut tidak begitu disambut hangat oleh warga FMIPA sendiri. Hal ini ditunjukan dengan sepinya warga FMIPA yang datang ke acara debat tersebut.
            Andik selaku ketua KPUM tahun 2018 menuturkan “Memang antusias warga FMIPA dalam acara pemilu tahun ini sangat kurang, pada saat acara debat calon ketua dan calon wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 sedikit sekali warga FMIPA yang hadir. Sehingga saat acara pemilihan pagi ini masih banyak warga FMIPA yang kurang mengetahui personal calon ketua dan wakil ketua yang akan dipilih”
            Kurangnya antusias warga FMIPA dalam acara pemilihan ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 dikarenakan beberapa faktor diantaranya jadwal pemilihan bertepatan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) semester gasal, kurangnya publikasi dari pihak KPUM dan renggang waktu kampanye yang singkat. Kampanye dilakukan hanya dua hari saja pada hari Jumat – Sabtu 14, 15 Desember 2018.
            Taqrub salah satu mahasiswa FMIPA menjelaskan “Perbedaan pemilihan tahun 2018 dan 2017 memang terlihat jelas, dimana pemilihan tahun 2017 terlihat semangatnya. Seharusnya sebagai mahasiswa FMIPA harus sadar pentingnya pemilu ini. Sebagai warga FMIPA seharusnya mengingatkan warga FMIPA lainnya untuk menggunakan hak suara dalam pemilihan ketua dan calon ketua BEM FMIPA periode 2019 ini”
            Jumlah seluruh mahasiswa aktif FMIPA yang memiliki hak suara yaitu 1082 orang. Namun hanya 621 mahasiswa FMIPA yang menggunakan hak suaranya dalam pemilihan ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2019 ini. Berdasarkan hasil pemungutan suara diperoleh hasil pasangan calon satu memperoleh 156 suara, pasangan calon dua memperoleh 440 suara dan terdapat 25 suara yang tidak sah.

Komentar

  1. Good job, langsung ada artikel yang hanya berselang beberapa menit setelah kegiatan usai.

    BalasHapus
  2. Keren, up to date :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

Manajemen Redaksi

Salam Persma..... Perlu diketahui bahwa....berjalannya suatu lembaga pers ternyata tak hanya menga cu pada proses redaksi , yang dim ulai dari proses hunting sampai printing saja. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pers juga mem erlukan pe n gaturan manajemen secara umum. Manajemen redaksi pers mahasiswa sendiri adalah : keseluruhan dari proses pengaturan sumber daya dalam melakukan kinerja penerbitan (menyangkut  bidang tulis-menulis) ataupun pola pengaturan  dari kinerja redaksi  yang terdapat dalam lingkup aktivitas pers mahasiswa. Lembaga pers biasanya di pimpin oleh pimpinan umum ( General Manager ). Dibawahnya terdapat pemimpin redaksi (manajer  redaksi ) dan pemimpin usaha atau koordinator dana usaha ( marketing manajer ).  Kedua bidang ini, memiliki job descriptions yang berbeda dan terpisah. Tapi keduanya saling mempengaruhi  dan saling mengisi. Redaksi dapat dianggap sebagai ”jantung” dari lembaga pers manapun, s edangkan dana usaha atau marketing ,   seba

Fakultas MIPA selalu sediakan buka Puasa gratis dalam setiap tahunnya

Oleh : Vina Soraya               Marhaban ya Ramadhan, Umat muslim di seluruh dunia tentunya telah menanti datangnya bulan suci ini. Bulan Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Tentunya seluruh orang muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan suci ini. Banyak kegiatan yang bernilai pahala pada saat bulan ini. Salah satu bentuk berbuat kebaikan dalam bulan puasa ini yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Memberi makan orang yang berpuasa maka mendapat ganjaran pahala yang setara dengan orang yang sedang berpuasa.             Agenda buka puasa gratis tentunya selalu menjadi agenda tahunan pada setiap masjid – masjid pada saat bulan Ramadhan tak terkecuali Masjid Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Agenda buka puasa gratis ini telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada Ramadhan tahun ini buka puasa gratis dilaksanakan sejak tanggal 8-17