Home » » 9 Situs Jurnal Ilmiah Online yang Direkomendasikan oleh Kemendikbud

9 Situs Jurnal Ilmiah Online yang Direkomendasikan oleh Kemendikbud

Written By LPMM ALPHA on Rabu, 31 Maret 2021 | Maret 31, 2021


sumber:www.canva.com

 

ALPHA - Jurnal merupakan hal yang penting bagi mahasiswa, dosen, maupun peneliti. Jurnal dibutuhkan sebagai sumber referensi dalam penulisan karya ilmiah seperti skripsi maupun tesis yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir, termasuk bagi para peneliti. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berbagi tips serta rekomendasi dalam pencarian jurnal ilmiah agar didapatkan sumber jurnal ilmiah yang kredibel dan terpercaya. Adapun tips pencarian jurnal ilmiah dan 9 rekomendasi situs jurnal ilmiah online dirangkum dari laman Instagram Ditjen Dikti, Rabu (31/3/2021).

Tips mencari jurnal ilmiah

1. Mengecek domain situs jurnal

Mengecek domain situs jurnal sangat berguna agar memastikan situs tersebut memang kredibel. Situs yang bersangkutan adalah situs dengan domain khusus untuk penelitian dan akses pendidikan, misalnya .ac, .edu, .gov dan .org.

2. Memilih situs berdasarkan bidang keilmuan

Banyak situs jurnal dengan akses gratis juga memiliki bidang sesuai keilmuan, misalnya Pubmed untuk bidang ilmu Kedokteran, adapula Biomed Central (BMC) dalam bidang ilmu Science, Technology and Medicine.

3. Mengetahui kredibilitas portal dan pengindeks jurnal

Saat pencarian jurnal juga harus diketahui kualitas dari jurnal yang digunakan. Cara untuk mengetahui kualitas dari jurnal yaitu dengan memeriksa kualitas jurnal melalui protal pengindeks. Pengecekan kualitas jurnal nasional dapat melalui Sinta (Science and Technology Index) di laman https://sinta.ristekbrin.go.id/journals

Pada laman  portal tersebut kalian akan dapat melihat daftar jurnal nasional terakreditasi peringkat Sinta 1 hingga Sinta 6,sedangkan pada jurnal ilmiah internasional, juga dapat dicek pada ScimagoJR di laman https://www.scimagojr.com/journalrank.php .

Portal tersebut berisi informasi pemeringkatan jurnal mulai jurnal Q1 (Quartile 1) hingga jurnal Q4 (Quartile 4).

9 rekomendasi situs jurnal ilmiah online

Selain memahami cara mencari dan mengecek kredibilitas jurnal ilmiah, kamu juga dapat mencoba cari referensi sumber primer dari  beberapa laman portal berikut ini:

1. Garuda (Garba Rujukan Digital) Link: https://garuda.ristekbrin.go.id/

2. Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) Link: https://e-resources.perpusnas.go.id/

3. Indonesia OneSearch Link: https://e-resources.perpusnas.go.id/

4. ISJD (Indonesian Scientific Journal Database) LIPI Link: http://isjd.pdii.lipi.go.id/

5. Moraref Kementerian Agama Link: https://moraref.kemenag.go.id Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

6. DOAJ (Directory of Open Access Journals) Link: https://doaj.org/

7. Microsoft Academics Link: https://academic.microsoft.com/

8. Google Scholar Link: https://scholar.google.com/

9. Dimension Link: https://app.dimensions.ai/discover/publication 

 

 

 

 

Penulis :Aisha Chitta N.

Sumber:Kemendikbud RI 

             Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar