Langsung ke konten utama

Sampah Berceceran, Lingkungan pun Tercemar

 

Oleh: Risa Anggraini



 

sumber:cnnindonesia.com

 

Dewasa ini, jumlah penduduk Indonesia telah meningkat dari 238,5 juta pada tahun 2010 menjadi 270,6 juta pada 2019. Kondisi ini menyebabkan Indonesia menduduki posisi keempat negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dan posisi pertama di Asia Tenggara. Jumlah penduduk Indonesia akan semakin besar dan diproyeksikan mencapai 296,4 juta jiwa pada tahun 2030.

Kondisi penduduk yang begitu banyak tersebut selalu beriringan dengan tingginya pencemaran lingkungan yang dapat ditimbulkan. Hal tersebut terjadi karena semakin banyaknya konsumsi masyarakat dan kebutuhan rumah tangga yang mengakibatkan semakin meningkatnya limbah rumah tangga atau sampah yang diakibatkan oleh kegiatan manusia. Tingginya sampah dari hari ke hari semakin meningkat dan beragam, sehingga tidak jarang sampah menjadi masalah yang krusial karena dapat menimbulkan pencemaran lingkungan akibat dari pengelolaan yang belum baik.

Pencemaran lingkungan dapat diartikan sebagai suatu perubahan lingkungan yang merugikan, dimana sebagian besar kerusakan tersebut diakibatkan oleh tindakan manusia karena adanya perubahan penggunaan materi dan energi, maupun perkembangan zaman yang mulai menggunakan bahan-bahan kimia. Tindakan manusia yang merugikan ligkungan tersebut dapat berdampak langsung maupun tidak langsung, seperti adanya krisis air maupun tidak maksimalnya hasil pertanian dan peternakan. Pencemaran lingkungan yang paling krusial yakni krisis sampah, dimana menjadi suatu permasalahan yang ada pada hampir seluruh wilayah Indonesia.

Masalah lingkungan hidup yang terjadi sebenarnya sudah lama terjadi bahkan tanpa campur tangan manusia. Namun, kerusakan dan pencemaran lingkungan tersebut semakin dipercepat akibat adnaya aktifitas manusia dan sifat manusia yang begitu serakah. Dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah manusia ini sudah dapat dilihat secara nyata, seperti terjadinya tanah longsor, banjir, dan kekeringan air.

Permasalahan utama yang terjadi yakni krisis sampah, karena mulai berdampak luas mulai dari pencemaran darat hingga pencemaran air. Namun, permasalan krisis sampah tersebut seringkali diabaikan oleh sebagian besar manusia. Padahal jika dilihat lebih jauh, akibat pembuangan sampah tanpa diolah dengan baik terlebih dahulu dapat menyebabkan kerusakan alam. Jika dilihat bahwa Indonesia memproduksi sampah dengan jumlah tinggi yakni 65 juta ton setiap tahunnya dan diprediksi akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Krisis sampah yang terjadi ini dihasilkan dari sampah anorganik sebanyak 60% dan sampah plastik yang mencapai 15% dari total timbunan sampah, terutama di daerah perkotaan.

Sampah di Indonesia menjadi permasalahan utama karena menjadi akar dari permasalahan lain, seperti masalah ekonomi, sosial, dan budaya. Hampir di seluruh perkotaan yang ada di Indonesia mengalami masalah dalam pengelolaan sampah. Hal tersebut terjadi karena, pengolahan tempat pembuangan akhir yang kurang memadai akibat sempitnya lahan perkotaan. Kondisi TPA yang kurang memadai tersebut yang menimbulkan banyak masyarakat memilih membuang sampah di aliran sungai, selokan, bahkan laut. Kondisi ledakan penduduk yang telah disebutkan diatas juga menjadi sebab utama adanya krisis sampah, karena pencemaran lingkungan seringkali tampak jelas di masyarakat seperti adanya timbunan sampah di pasar dan pendangkalan sungai yang penuh kotoran, tidak lain sampah yang paling banyak dihasilkan dari timbunan masker akibat pandemi covid-19 yang belum kunjung reda. Padahal, sampah sendiri merupakan bahan hasil olahan manusia yang seharusnya dibuang karena tidak memiliki nilai ekonomi, sehingga pengolahan sampah yang benar perlu dilakukan agar tidak memberi dampak negatif apalagi krisis sampah yang tinggi.

Peran aktif mahasiswa dapat dilakukan untuk mengatasi krisis sampah yang terjadi adalah dengan mengurangi atau meminimalisir penggunaan barang atau material, seperti menciptakan barang yang tidak habis sekali pakai atau menggunakan totebag ketika berbelanja agar dapat mengurangi sampah plastik. Selain itu, juga dapat mendaur ulang barang yang tidak berguna lagi sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Hal tersebut juga dapat diterapkan pada lingkungan kampus dan masyrakat, seperti membangun bank sampah dan masih banyak lagi.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

Manajemen Redaksi

Salam Persma..... Perlu diketahui bahwa....berjalannya suatu lembaga pers ternyata tak hanya menga cu pada proses redaksi , yang dim ulai dari proses hunting sampai printing saja. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pers juga mem erlukan pe n gaturan manajemen secara umum. Manajemen redaksi pers mahasiswa sendiri adalah : keseluruhan dari proses pengaturan sumber daya dalam melakukan kinerja penerbitan (menyangkut  bidang tulis-menulis) ataupun pola pengaturan  dari kinerja redaksi  yang terdapat dalam lingkup aktivitas pers mahasiswa. Lembaga pers biasanya di pimpin oleh pimpinan umum ( General Manager ). Dibawahnya terdapat pemimpin redaksi (manajer  redaksi ) dan pemimpin usaha atau koordinator dana usaha ( marketing manajer ).  Kedua bidang ini, memiliki job descriptions yang berbeda dan terpisah. Tapi keduanya saling mempengaruhi  dan saling mengisi. Redaksi dapat dianggap sebagai ”jantung” dari lembaga pers manapun, s edangkan dana usaha atau marketing ,   seba

Fakultas MIPA selalu sediakan buka Puasa gratis dalam setiap tahunnya

Oleh : Vina Soraya               Marhaban ya Ramadhan, Umat muslim di seluruh dunia tentunya telah menanti datangnya bulan suci ini. Bulan Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Tentunya seluruh orang muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan suci ini. Banyak kegiatan yang bernilai pahala pada saat bulan ini. Salah satu bentuk berbuat kebaikan dalam bulan puasa ini yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Memberi makan orang yang berpuasa maka mendapat ganjaran pahala yang setara dengan orang yang sedang berpuasa.             Agenda buka puasa gratis tentunya selalu menjadi agenda tahunan pada setiap masjid – masjid pada saat bulan Ramadhan tak terkecuali Masjid Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Agenda buka puasa gratis ini telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada Ramadhan tahun ini buka puasa gratis dilaksanakan sejak tanggal 8-17