Cerpen: Pentingnya Sex Education Sejak Dini

 

Oleh: Fatma Amelia

     Pagi hari merupakan suasana dimana semua orang bersiap-siap untuk memulai kegiatan mereka. Begitupun denganku, yang sekarang adalah mahasiswa jurusan Psikologi. Namaku Audie, dan hari ini aku ada jadwal kelas pagi dan harus cepat-cepat untuk berangkat menuju kampusku. Aku sampai di Fakultas, 5 menit sebelum waktu kelas dimulai sehingga aku langsung bergegas menuju kelas. Selama jam perkuliahan berlangsung, dosenku menyinggung tentang pelecehan seksual terhadap anak kecil yang akhir-akhir ini semakin ramai. Entah mengapa hal itu membuatku mengingat kembali kejadian yang ku alami dulu sewaktu aku duduk di bangku kelas X.

      Hari itu, aku hendak pulang dari sekolah tepatnya pada pukul 12:30. Aku sedang menunggu bis yang biasanya ku naiki setiap kali pulang dari sekolah. Aku menunggu agak lama di halte itu, sesaat kemudian ada seorang laki-laki yang kira-kira berumur kepala 3 datang menghampiriku dari arah kanan. Dia duduk di sampingku yang posisinya agak rapat denganku. Awalnya ku pikir Bapak itu hanya duduk dekat denganku untuk menemaniku karena kondisi saat itu sedang sepi. Aku hanya duduk diam dan tidak bereaksi apapun.

"Sendirian aja adeknya?, Bundanya mana?" tanya Bapak itu, kemudian dia duduk dekat denganku.

"Iya, Pak. Nunggu bis dateng." Jawabku seadanya.

"Ohhh...gitu. Adeknya manis banget ya." Tambahnya memujiku.

    Setelah mengatakan pujian, tiba-tiba dia memegang pinggangku dan mencium pipiku. Aku terkejut dengan apa yang dia lakukan, namun tidak bertindak apapun terhadapnya.

Aku bertanya, "Pak, kok tiba-tiba nyium?"

Bapak itu menjawab, "Gakpapa, dek. Ini sama kayak kamu dicium Ayah kamu".

Setelah berkata demikian, aku menganggap tindakannya tidak salah dan hanya diam. Dia pergi tanpa mengucapkan sepatah kata perpisahan meninggalkanku duduk sendirian di halte bis itu. Tak lama kemudian, bis yang ku tunggu datang.

     Waktu itu, aku belum mendapatkan pengetahuan mengenai pelecehan seksual, sehingga aku mendiamkan apa yang laki-laki itu lakukan padaku. Hari ini aku sadar, bahwa aku merupakan salah satu korban pelecehan seksual. Hal itu menyadarkanku tentang pentingnya Sex Education diberikan sejak kita masih kecil agar terhindar dari tindak pelecehan. Dengan diberikannya pembekalan Sex Education sejak anak-anak masih kecil, maka kasus-kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak bisa berkurang bahkan bisa terhapuskan dan tidak ada lagi. Ini menjadi alasan, untuk aku mengumumkan dan memberitahukan pada masyarakat agar memulai pembekalan tentang Sex Education kepada anak-anak mereka agar aman dan terhindar dari tindakan pelecehan seksual.


Komentar

  1. Anonim8:06 AM

    Ceritanya bagus kak , apa ada lanjutannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kak. Tidak Ada kelanjutannya, Karena hanya cerita Oneshot saja. Terimakasih Sudah menyempatkan waktu untuk membaca 🙏.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer