Langsung ke konten utama

Pemeriksaan STNK Melengkapi Tempat Parkirku

Send all: Tertanggal 19 maret 2010, untk motor yg dparkir parkiran MIPA, WAJIB bw STNK, cz ada pemeriksaan STNK, trims kerjasamax.. SBRIN KE SLURUH MIPA..

Mungkin anda juga menerima sms tersebut. Apa yang melatarbelakangi peraturan tersebut? Nah, temukan jawabannya disini.

Rabu, 24 maret 2010.
Saiful Badri, salah satu mahasiswa kimia F.MIPA mengaku pada hari tersebut terjadi kejanggalan dengan sepeda motornya. “Kejadiannya sekitar pukul 11.00 WIB. Tempat kunci motorku rusak, untung kunci stir masih berfungsi”, paparnya. Namun, ia mengaku tidak melapor ke petugas keamanan F.MIPA. Ia pikir beliau sudah mengetahui kejadian tersebut, karena pada waktu itu Badri sempat memperbaiki motor di tempat parkir hingga sore hari dan kebetulan memang sudah ada petugas keamanan disana.

Kamis, 25 maret 2010.
Kejadian serupa terulang kembali. Sekarang menimpa seorang mahasiswi biologi bernama Anzi. Namun, kejadiannya lebih parah. Kunci setirnya juga ikut bobol. Mujur, korban datang disaat yang tepat, jadi hal yang tak diinginkan pun gagal.

Kejadian tersebut tak ayal memaksa Bapak Taufik dkk selaku petugas kemanan F.MIPA mengambil tindakan tegas. “ Keputusan pemeriksaan STNK ini kita ambil untuk mencegah terjadinya pencurian motor di lingkungan F.MIPA lagi. Dengan adanya peraturan tersebut diharapkan akan tercipta suasana yang kondusif dan mahasiswa menjadi konsentrasi dalam proses belajarnya”, tegasnya.

Sebenarnya pemeriksaan STNK ini mulai berlaku sejak tanggal 26 maret 2010. Karena waktu itu petugas keamanan masih belum sempat berkoordinasi dengan dosen olah raga, maka untuk hari tersebut masih dianggap “pengecualian”. Pada waktu itu tempat parkir masih dijadikan sebagai tempat senam bagi yang menempuh mata kuliah olahraga sehingga kendaraan mahasiswa masih banyak ditempatkan di sepanjang jalan lingkungan F.MIPA. Tentunya, hal ini membuat petugas keamanan bekerja ekstra demi menjaga keamanan tersebut.

Pemberlakuan pemeriksaan STNK ini hanya pada hari-hari aktif kuliah saja, yaitu hari senin sampai dengan hari jumat. Itupun hanya berlaku pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Setelah itu, dianjurkan bagi mahasiswa untuk menempatkan motornya di tempat parkir dosen atau di depan gedung fakultas agar pengawasan lebih efisien. Bagi mahasiswa yang lupa membawa STNK, harap lapor kepada petugas yang ada sekaligus mengisi jurnal yang telah disediakan. Selanjutnya, diharuskan untuk mengambil STNK-nya terlebih dahulu dengan diantar teman. Jika STNK telah ditunjukkan, barulah ia dapat membawa kendaraannya.

Untuk mahasiswa yang tidak menempatkan kendaraannya di tempat yang telah disediakan, akan mendapat teguran dari petugas dan diminta kesadarannya untuk tidak mengulanginya lagi. Ketika ditanya tentang bagaimana seandainya terjadi tindak kriminalitas, seperti pencurian kendaraan bermotor di lingkungan F. MIPA, Bapak Taufik menjawab “kami akan langsung melapor kepada yang berwajib (polisi) dengan memberikan keterangan secukupnya yang mereka butuhkan dan kami tidak akan mengganti apapun, karena disini kami hanya menyediakan tempat parkir bukan tempat penitipan”.

Tempat parkir memang beda dengan tempat penitipan. Untuk tempat penitipan, segala barang yang hilang akan diganti sesuai perjanjian yang telah ditentukan. Beda dengan tempat parkir, pemilik lahan tidak akan mengganti barang yang hilang. Kalaupun ada petugas parkir, beliau hanya bertugas membantu keamanan lahan parkir tersebut tanpa beban tanggung jawab apapun.

Memang, dulu pernah ada pencurian sepeda motor di lingkungan F. MIPA sendiri. Hal tersebut ditengarai akibat kurangnya kesadaran dari mahasiswa yang bersangkutan. Salah satu sumber mengatakan bahwa orang yang kehilangan sepeda motor tersebut akibat ketidaksadaran dari si empunya. Pada waktu itu ia menyimpan kendaraannya di sebelah selatan kantin F.MIPA. Padahal di sana adalah tempat yang memang tidak dapat dipantau langsung oleh SATPAM dan pada waktu itu suasana di sekitar kantin tersebut tampak sepi sehingga mendukung proses pencurian. Dari kejadian tersebut petugas langsung melapor dan menyerahkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian dengan memberi keterangan secukupnya guna kelancaran proses penyidikan.

Pada awalnya semua orang yang berkunjung ke F.MIPA bebas menempatkan kendaraannya dimanapun. Tapi demi menjaga keamanan bersama, diberlakukanlah peraturan untuk tempat parkir. Pihak fakultas sudah menyediakan lahan parkir beserta petugasnya untuk kenyamanan kita bersama. Namun, masih banyak mahasiswa yang menempatkan kendaraannya diluar ketentuan yang ada. Misal, tempat belakang gedung biologi. Sudah jelas-jelas bukan tempat parkir, masih saja ada kendaraan mahasiswa yang parkir disana dengan alasan yang tidak karuan yang sebenarnya alasan mereka masih bisa dihindari.

Peraturan/tata tertib yang ada dibuat untuk kenyamanan kita bersama. Terlalu bodoh jika kita tidak menaati tata tertib tersebut. Semua sudah tahu, kita ini adalah mahasiswa, telah cukup umur untuk mengerti tentang hal ini. Jadi, tak perlu lagi untuk ditegur atau dimarahi agar taat pada peraturan. Sungguh ironis bila mahasiswa yang dijadikan “tunas harapan bangsa” sudah tidak menaati aturan kecil seperti itu.

Keamanan bukan hanya tanggung jawab petugas keamanan ataupun kepolisian semata, namun juga tanggung jawab kita bersama. Sudah cukup kita kebobolan, Jangan biarkan kita mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya. Jika ada orang tak dikenal yang mencurigakan, laporkan segera kepada petugas keamanan yang ada. Dengan begitu, lingkungan F. MIPA akan aman dan kegiatan akademik pun menjadi nyaman. Mari jaga keamanan ini demi kita sendiri khusunya dan orang lain pada umumnya.[Eko W dan Avan]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Redaksi

Salam Persma..... Perlu diketahui bahwa....berjalannya suatu lembaga pers ternyata tak hanya menga cu pada proses redaksi , yang dim ulai dari proses hunting sampai printing saja. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pers juga mem erlukan pe n gaturan manajemen secara umum. Manajemen redaksi pers mahasiswa sendiri adalah : keseluruhan dari proses pengaturan sumber daya dalam melakukan kinerja penerbitan (menyangkut  bidang tulis-menulis) ataupun pola pengaturan  dari kinerja redaksi  yang terdapat dalam lingkup aktivitas pers mahasiswa. Lembaga pers biasanya di pimpin oleh pimpinan umum ( General Manager ). Dibawahnya terdapat pemimpin redaksi (manajer  redaksi ) dan pemimpin usaha atau koordinator dana usaha ( marketing manajer ).  Kedua bidang ini, memiliki job descriptions yang berbeda dan terpisah. Tapi keduanya saling mempengaruhi  dan saling mengisi. Redaksi dapat dianggap sebagai ”jantung” dari lembaga pers manapun, s edangkan dana usaha atau marketing ,   seba

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

Fakultas MIPA selalu sediakan buka Puasa gratis dalam setiap tahunnya

Oleh : Vina Soraya               Marhaban ya Ramadhan, Umat muslim di seluruh dunia tentunya telah menanti datangnya bulan suci ini. Bulan Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Tentunya seluruh orang muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan suci ini. Banyak kegiatan yang bernilai pahala pada saat bulan ini. Salah satu bentuk berbuat kebaikan dalam bulan puasa ini yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Memberi makan orang yang berpuasa maka mendapat ganjaran pahala yang setara dengan orang yang sedang berpuasa.             Agenda buka puasa gratis tentunya selalu menjadi agenda tahunan pada setiap masjid – masjid pada saat bulan Ramadhan tak terkecuali Masjid Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Agenda buka puasa gratis ini telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada Ramadhan tahun ini buka puasa gratis dilaksanakan sejak tanggal 8-17