Langsung ke konten utama

Adu Gengsi Demi Melanjutkan Study ke Perguruan Tinggi

Oleh : Imam Nur Huda

Akhir-akhir ini mungkin adalah hari-hari “dilema” untuk adik-adik kita kelas 12 SMA. SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, ataupun jalur penerimaan mahasiswa baru mulai memenuhi isi kepala mereka. Tidak kurang dari 6 bulan lagi mereka telah berganti nama dari siswa menjadi mahasiswa, tingkatan tertinggi dari siswa. Mengemban predikat mahasiswa adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi adik-adik kita apalagi jika kampus yang mereka lanjutkan untuk menuntut ilmu mempunyai akreditasi dan nama yang tersohor. Bukan hanya mereka saja yang bangga jika masuk pada kampus yang diminati, namun orang sekitar pasti akan senang juga mendengar hal tersebut. Setiap tahun hal-hal semacam itu tidak asing terjadi pada masyarakat era globalisasi ini. Berbagai cara dan siasat mereka lakukan untuk masuk pada kampus yang mereka impikan. Mulai dari mengikuti bimbingan, mengerjakan berbagai bank soal, bertanya pada alumni yang sudah masuk pada kampus tersebut, dan banyak lagi cara yang dilakukan. Bahkan pernah beredar kabar bahwa ada cara lain yang sangat miris didengar, yaitu menggunakan calo sebagai jembatan untuk masuk pada kampus yang mereka impikan. Hmm.. bagaimana pendidikan ini bisa maju kalau masih pakai calo.
Pada era “Indonesia zaman now” kini, rasa ambisius dan egois mulai meracuni pikiran adik-adik kelas 12 SMA. Mencari kampus-kampus dengan nama yang tersohor agar memudahkan untuk mencari kerja adalah salah satu alasan betapa ambisius dan egoisnya mereka terhadap kampus yang diinginkan. Tidak jarang juga banyak diantara mereka masuk ke kampus dengan nama yang sudah terkenal hanya digunakan untuk pamer gengsi dan intelegensi. Terus kenapa hal tersebut kerap terjadi? Tingkat strata masyarakat khususnya masyarakat yang mengerti akan pendidikan pasti akan menganggap meraka yang melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri dengan status perguruan tinggi terbaik pasti dianggap sukses dalam pendidikannya. Padahal dalam prakteknya, setelah masuk pada kampus yang diinginkan proses pembelajaran kampus tersebut akan menentukan mereka sukses atau tidaknya. Banyak hal-hal yang harus dilewati seorang mahasiswa selama berada di kampus. Jadi pemikiran terhadap kampus yang ternama bukanlah pemikiran subjektif yang menandakan seseorang tersebut sukses dalam dunia penndidikan.
Berdasarkan data kemenristek Dikti, hasil dari siswa yang diterima SNMPTN 2017 sebesar 101.906 siswa dari  jutaan siswa yang mendaftar. Hasil SBMPTN 2017 sebanyak 148.066 peserta atau sekitar 14,36 persen dari 797.738 pendaftar SBMPTN 2017 dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru di 85 PTN. Dari 85 PTN tersebut terdapat beberapa kampus yang mempunyai pendaftar terbanyak seperti Universitas Padjadjaran (UNPAD) sebanyak 39.388 pendaftar, Universitas Brawijaya (UB) sebanyak 33.950 pendaftar, Universitas Diponegoro (UNDIP) sebanyak 32.085 pendaftar.
Bagaimana kalau tidak diterima pada kampus yang diinginkan?
Pertayaan diatas kerap terucap dari mulut siswa yang pesimis dengan kemampuan dirinya ataupun siswa yang berambisi untuk mengejar ego untuk masuk ke kampus yang mereka inginkan. Besarnya ambisi dan egoisnya siswa tersebut menandakan bahwa kampus yang mempunyai nama besar akan menentukan masa depan yang cerah. Itu penyataan yang sangat salah teman. Kemana kita nanti akan menentukan arah dan tujuan hidup ditentukan oleh pribadi masing-masing, kampus hanya jembatan untuk membantu kita membangun masa depan. Jadi jika tidak diterima pada kampus yang diinginkan bukan akhir dari segalanya. Banyak jalan kesuksesan seorang mahasiswa dari berbagai latar belakang kampus yang berbeda.
Bagaimana kalau kita diterima pada kampus yang tidak kita inginkan?
Selama ini hal-hal tersebut banyak sekali didapati pada lingkungan kampus kita sendiri. Pada saat menjadi mahaiswa baru, keraguan mulai muncul untuk tidak melanjutkan kuliah dan fokus untuk seleksi tahun depan atau melanjutkan 1 tahun pertama namun bersiap untuk mengikuti seleksi tahun depan. Jika itu yang diinginkan maka “no problem about that”. Tapi perlu diingat bahkan direnungkan  juga untuk kalian para mahasiswa yang ingin pindah kampus, kampus yang kalian inginkan tidak pernah menjamin tentang masa depan kalian. Banyak mahasiswa berprestasi justru berasal dari kampus yang tidak mereka inginkan. Coba dipikirkan kembali masih banyak pendaftar lain yang ingin masuk pada kampus yang mereka inginkan namun kalian ingin pindah begitu saja.
Bagaimana kalau kita tidak sukses jika kita salah kampus atau jurusan?
Kembali ke pernyataan awal tadi, kampus adalah jembatan kita untuk membantu membangun masa depan kita. Kemana tujuan kita itu berasal dari diri kita pribadi. Banyak orang yang sukses dari latar belakang salah kampus ataupun salah jurusan. Seperti contoh CEO Facebook, Mark Zuckerberg pernah merasakan kuliah jurusan Psikologi Harvard University namun pada akhirnya sukses menjadi pendiri dan CEO Facebook sampai saat ini. Dari dalam negeri sendiri terdapat nama yang tidak asing kita dengar yaitu si anak singkong atau Chairil tanjung. Chairil tanjung mengambil jurusan Kedokteran Gigi pada saat kuliah di Universitas Indonesia. Keuletan Chairil Tanjung dalam dunia bisnis mulai dibangun pada saat masa kuliah dengan cara usaha fotocopy, berjualan alat kedokteran, dan berbagai cara lain. Pada saat ini beliau mempunyai bisnis yang besar seperti Trans TV, Bank Mega, Transmart, dan berbagai bisnis lainnya yang tergabung dalam CT crop.
Bagaimana kita menentukan kampus dan jurusan yang sesuai pada pasiion diri?
Sebelum memilih kampus mana yang ingin dituju sebaiknya dikaji ulang dulu jurusan apa yang diminati dan sesuai dengan passion diri. Jika sudah cinta dan suka terhadap jurusan yang dipilih maka menjadi faktor memudahkan kegiatan kuliah selama menjadi mahasiswa. Selain itu untuk menentukan jurusan apa yang sesuai, banyak-banyaklah tanya kepada orang-orang yang kenal dan dekat dengan kita untuk mengetahui apa kemampuan kita menurut orang lain. Setelah memilih jurusan yang sesuai, sebaiknya memilih kampus yang mempunyai jurusan yang ingin diambil. Jika ingin kampus yang bagus sebaiknya belajar dengan rajin agar dapat masuk di kampus tersebut. Jika ingin melanjutkan study di luar negeri, rajin-rajinlah cari informasi tentang kampus tersebut bahkan harus rajin juga cari informasi beasiswa ke luar negeri
Jadi kesimpulannya adalah jangan hanya terpaku pada ambisi dan gengsi untuk mendapatkan kampus dengan nama yang baik sehingga memudahkan mencari kerja apa lagi mencari strata di masyarakat, gunakanlah kemampuan diri untuk mempersiapkan kesuksesan dengan dimanapu kita menuntut ilmu.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Redaksi

Salam Persma..... Perlu diketahui bahwa....berjalannya suatu lembaga pers ternyata tak hanya menga cu pada proses redaksi , yang dim ulai dari proses hunting sampai printing saja. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pers juga mem erlukan pe n gaturan manajemen secara umum. Manajemen redaksi pers mahasiswa sendiri adalah : keseluruhan dari proses pengaturan sumber daya dalam melakukan kinerja penerbitan (menyangkut  bidang tulis-menulis) ataupun pola pengaturan  dari kinerja redaksi  yang terdapat dalam lingkup aktivitas pers mahasiswa. Lembaga pers biasanya di pimpin oleh pimpinan umum ( General Manager ). Dibawahnya terdapat pemimpin redaksi (manajer  redaksi ) dan pemimpin usaha atau koordinator dana usaha ( marketing manajer ).  Kedua bidang ini, memiliki job descriptions yang berbeda dan terpisah. Tapi keduanya saling mempengaruhi  dan saling mengisi. Redaksi dapat dianggap sebagai ”jantung” dari lembaga pers manapun, s edangkan dana usaha atau marketing ,   seba

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan

Jawaban Rektor UNEJ Terkait Pelantikan Dekan Oleh: Nurul Mahmuda K egaduhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA ) terkait pelantikan dekan baru periode 2016-2020 sudah tercium sejak akhir 2015. Isu mengenai Rektor Universitas Jember (UNEJ) yang tidak melantik dekan dengan perolehan suara tertinggi menjadi fakta yang harus diterima oleh warga FMIPA. Kamis (14/01) bertempat di Gedung Rektorat Universitas Jember, pelantikan Dekan baru FMIPA telah dilangsungkan. Berdasarkan hasil pemberian pertimbangan oleh senat fakultas yang berupa pemungutan suara menyebutkan bahwa perolehan suara tertinggi adalah Dr. Kahar Muzakhar, S.Si., namun dekan FMIPA yang dilantik yaitu Drs . Sujito , Ph.D . yang memiliki selisih tiga suara. Hal ini menuai protes dari beberapa lini di FMIPA. Beberapa Senat fakultas, dosen, mahasiswa maupun karyawan memprotes dan menyayangkan mengenai kejadian ini. Seperti halnya Itok Dwi, mahasiswa kimia 2012, menganggap bahwa pemu

Fakultas MIPA selalu sediakan buka Puasa gratis dalam setiap tahunnya

Oleh : Vina Soraya               Marhaban ya Ramadhan, Umat muslim di seluruh dunia tentunya telah menanti datangnya bulan suci ini. Bulan Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Tentunya seluruh orang muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan suci ini. Banyak kegiatan yang bernilai pahala pada saat bulan ini. Salah satu bentuk berbuat kebaikan dalam bulan puasa ini yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Memberi makan orang yang berpuasa maka mendapat ganjaran pahala yang setara dengan orang yang sedang berpuasa.             Agenda buka puasa gratis tentunya selalu menjadi agenda tahunan pada setiap masjid – masjid pada saat bulan Ramadhan tak terkecuali Masjid Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Agenda buka puasa gratis ini telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada Ramadhan tahun ini buka puasa gratis dilaksanakan sejak tanggal 8-17