KONDISI PASCA TERJADI LONGSOR PUGER



Oleh : Vina Soraya
Pertambangan batu kapur sudah menjadi mata pencaharian utama di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Tentunya tak hanya warga Puger, banyak pula warga sekeliling Puger yang bekerja di pertambangan ini. Pertambangan batu kapur Puger sendiri terdiri dari beberapa titik lokasi. Selain batu kapur terdapat pula tambang batu hitam. Tambang batu kapur didapatkan dari bongkahan bukit, sedangkan tambang batu hitam harus menggali lubang terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Jam operasional tambang kapur ini 07.00 – 17.00.
Sekitar dua minggu yang lalu tepatnya 25 Maret 2019 telah terjadi Longsor di gunung kapur Puger. Longsor terjadi sekitar pukul 07.00 pagi. Sebelum longsor terjadi di Puger terjadi hujan lebat semalaman. Hujan lebat ini menyebabkan area pertambangan tersebut sedikit banjir.
“Malamnya itu hujan lebat mbak, jadi disini itu banjir. Saat terjadi longsor itu para pekerja masih nunggu genangan – genangan airnya surut” Jelas Paiman (40) salah satu penambang batu kapur.
Terdapat 2 korban luka luka 1 korban tertimbung dan 10 sepedah tertimbun. Korban yang tertimbun bernama Sucipto (50) warga kecamatan Suradoro kabupaten Jember. Sucipto merupakan penambang batu hitam sehingga saat kejadian Sucipto berada di dekat Gunung Kapur.
“Sucipto ini penambang batu hitam jadi harus masuk ke goa terlebih dahulu makanya waktu kejadian ya didekat – dekat gunungnya” Ujar Paiman.
Sucipto tertimbun bebatuan akibat kejadian longsor ini. Tubuh Sucipto ditemukan setelah 4 hari pasca terjadinya longsor tepatnya Jumat 29 Maret 2019 dengan kondisi yang sudah tidak utuh lagi. Sedangkan anggota tubuh lainnya ditemukan keesokan harinya pada Sabtu 30 Maret 2019 dengan jarak 2 meter dari posisi tubuhnya. 

Meski telah terjadi longsor namun kegiatan pertambangan kampur masih beroprasi normal, karena warga setempat yang bekerja di pertambangan ini hanya mengandalkan pekerjaan ini. Kecemasan untuk terjadi longsor kembali memang masih menyelimuti pekerja. Namun karena sudah terbiasa di area gunung dan sudah terbiasa bergelut dengan dunia tambang tentunya pekerja juga tidak telalu mempermasalahkan pasca terjadi longsor, disisi lain penyebab terjadinya longsor sendiri murni kejadian alam. 

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.