MENGAPA HARUS ADA HARI BURUH


Oleh : Vina Soraya
1 Mei 1886 terdapat aksi mogoknya buruh di Amerika Serikat (AS). Mogoknya buruh ini didasari karena keinginan untuk tercapainya ekonomi politis hak – hak industrial. Permasalahan yang terjadi saat itu banyak negara – negara kapitalis yang mengalami perubahan dalam aturan yang telah ada  seperti pengetatan disiplis dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik. Buruh yang melakukan aksi turun dijalan ini meminta untuk menetapkan jam kerja hanya 8 jam setiap harinya. Karena kondisi saat buruh dipekerjakan 19 sampai 20 jam setiap harinya. Jumlah buruh yang demo saat itu mencapai 350.000 orang. Aksi demo ini terus ber;anjut hingga 3 mei 1886.
Banyaknya buruh yang demo saat itu dan tidak kunjung reda membuat pemerintah setempat melakukan serangan senjata yang menewaskan 4 orang dan banyak korban luka – luka. Atas dasar hal ini lah demo berlanjut hingga tanggl 4 Mei dengan masa yang semakin banyak. Terdapat korban lagi pada demo ini satu orang meninggal dan 70 luka – luka.
Hari buruh ditetapkan pada 1 Mei 1889. Namun di Indonesia sendiri hari buruh sempat dihapuskan dari hari libur namun pada 1 Mei 2000 terjadi demo besar – besaran. Demo ini diikuti oleh buruh dan mahasiswa yang menuntut untuk hari buruh dijadikan cuti bersama. Permintaan peserta demo untuk menjadikan hari libur nasional tentunya bukan tanpa tujuam. Tujuan dilakukan permintaan tersebut harapannya agar para pekerja buruh apat beristirahat pada hari itu. Demo ini berlangsung selama satu minggu penuh. Namun, aksi protes ini baru direalisasikan pada tahun 2013
“Hari ini, saya tetapkan 1 mei sebagai Hari Libur     Nasional dan dituangkan dalam Peraturan Presiden” kicauan Susilo Bambang Yudoyono dalam akun twitternya (29 Juli 2013).
Peringatan hari buruh ini selalu dimeriahkan setiap tahunnya. Pemerihaan ini selalu berhubungan dengan aksi turun jalan untuk menuntut hak – hak yang masih dirasa tidak terpenuhi. Hak yang masih dipermasalahkan umunya karena masalah upah gaji yang diterima.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 LPMM ALPHA and Blogger Themes.