Home » » KPUM FMIPA Adakan Pemilu Raya

KPUM FMIPA Adakan Pemilu Raya

Written By LPMM ALPHA on Senin, 23 Desember 2019 | Desember 23, 2019


Oleh : Jihan Febryan D



Pemilihan umum (Pemilu) ketua dan wakil ketua BEM FMIPA dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2019 yang bertempat di gazebo matematika. Pemilu dilaksanakan oleh panitia Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM). Pemilihan umum (Pemilu) merupakan salah satu wujud demokrasi di wilayah kampus. Pemilu ini dilaksanakan setiap tahun untuk memilih ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode selanjutnya. Terdapat dua pasangan calon (paslon) yang mencalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua BEM FMIPA, paslon nomor urut 1 yaitu Riyan Hidayat (Fisika) dan Rio Pradani Putra (Matematika) dan paslon nomor urut 2 yaitu Ryan Andersen Jaya Sentosa (Fisika ) dan Beny Andika (Biologi). Pemungutan suara dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB – 15.00 WIB.
Antusiasme warga FMIPA untuk memilih ketua umum dan wakil ketua umum BEM FMIPA terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang datang dan ikut berpartisipasi menyumbangkan hak suaranya untuk FMIPA yang lebih baik kedepannya. Pada pukul 1 siang sudah lebih dari 60 persen surat suara yang terpakai.
Muhammad Luqmanul Hakim ketua panitia KPUM menuturkan bahwa persiapan untuk pemilu hanya berlangsung selama satu minggu. Publikasi lewat pamflet hanya di share via media sosial, selain itu publikasi dilakukan terlalu mepet dengan pelaksanaan kegiatan. Untungnya dengan kekurangan publikasi, mahasiswa FMIPA tetap antuias mengikuti pemilu. Lutfiah salah satu mahasiswa FMIPA mengatakan “menurut saya persiapannya sudah cukup bagus,saya juga tau jadwal kegiatan pemilu ini dari media sosial. Menurut saya juga antusiasme warga FMIPA juga sudah lumayan, namun tetap saja ada mahasiswa yang tidak mau ikut menyumbangkan suaranya padahal memilih tidak butuh waktu yang lama”.
Perhitungan jumlah suara dilakukan pukul 15.30 WIB. Hasil perhitungan suara menunjukkan pasangan calon ke 2  Ryan Andersen J.s dan Beny Andika yang memperoleh suara terbanyak dan terpilih menjadi ketua dan wakil ketua BEM FMIPA periode 2020 dengan perolehan suara 304, sedangakan pasangan calon pertama mendapatkan jumlah suara 225 dari total jumlah suara 544 dengan 15 suara tidak sah. []

0 komentar:

Posting Komentar